Kamis 20 Jul 2023 10:12 WIB

Dua Harapan yang tak Terpikirkan dari Doa Masuk Masjid

Masuk Masjid Awali dengan Kaki Kanan, Baca Sholawat dan Doa

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad menganjurkan kita untuk membaca doa ketika masuk masjid, rumah Allah. Doa itu memuat dua hal penting yang menjadi harapan setiap insan. Ini penjelasannya.

Tempat di muka bumi yang paling dimuliakan dan dicintai Allah SWT adalah masjid. Sebab, di masjid terdapat aktivitas ibadah, ketaatan, ketakwaan. Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW: 

Baca Juga

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Nabi bersabda: "Negeri (tempat) yang paling dicintai Allah adalah pada masjid-masjidnya, dan tempat yang paling dimurkai Allah adalah pasar-pasar (HR Muslim).

Di antara masjid-masjid yang ada di bumi itu ada masjid-masjid yang lebih utama untuk dimasuki dibanding lainnya, di anataranya adalah Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjidil Aqsha, dan Masjid Quba. 

Setiap Muslim ketika memasuki masjid di manapun harus menjaga adab. Ketika memasuki masjid dianjurkan untuk mendahulukan kaki kanan sembari membaca sholawat dan doa memasuki masjid. 

فإذا أردت دخول المسجد ، فقدم رجلك اليمنى ، وقل: اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَسَلِّمْ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ.

Artinya:Apabila engkau memasuki masjid maka dahulukan kakimu yang kanan dan membaca : Allahumma Sholli 'Ala Muhammad wa 'Ala Aali Muhammad wa salim, Allahummagfir liy dzunubiy waftahliy abwaaba rohmatika (Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam sejahtera-Mu kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sahabat-sahabatnya. Ya Allah ampunilah dosa-dosa saya dan bukakanlah pintu rahmatMu untuk saya).

Ada dua harapan dari doa ini, pertama adalah ampunan Allah. Setiap orang pasti menginginkan ampunan. karena dengan bermodalkan ampunan, setiap orang akan dilindungi Allah. Segala yang menjadi hajatnya akan dipenuhi. Dia akan menjadi kekasih Allah yang memiliki pandangan jernih melihat alam dan kehidupan ini.

Kedua adalah mendapatkan kasih sayang Allah. Orang kaya, berlimpah harta, banyak jabatan, belum tentu disayangi Allah. Orang yang kaya dan secara kasat mata sepertinya bahagia, bisa jadi malah penuh derita dan kehampaan hidup. Sebabnya tidak mendapatkan kasih sayang Allah.

Pentingnya kasih sayang Allah di sini adalah membuat diri setiap insan menjadi tenang. Tidak serakah. Selalu merasa cukup, dan selalu bersyukur. Dengan begitu, hidup menjadi nikmat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement