Sabtu 15 Jul 2023 12:30 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah

Dianjurkan membaca doa akhir dan awal tahun Hijriyah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah. Foto:  Ilustrasi Bulan di Tahun Hijriyah
Foto: Dom
Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah. Foto: Ilustrasi Bulan di Tahun Hijriyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Umat Muslim bersiap menyambut tahun baru 1 Muharam 1445 Hijriah yang jatuh pada Rabu 19 Juli 2023. Para ulama menganjurkan dalam pergantian tahun baru hijriah untuk memperbanyak berzikir dan berdoa kepada Allah SWT. 

Dianjurkan bagi setiap Muslim untuk memanjatkan doa akhir tahun 1444 H. Doa ini dibaca menjelang Maghrib dengan harapan agar Allah SWT mengampuni dosa-dosa yang telah lalu.  Setelah selesai membaca doa akhir tahun, dilanjutkan dengan membaca doa awal tahun 1445 H. Dengan harapan agar Allah SWT melimpahkan rahmat, perlindungan, keselamatan, kesehatan, rezeki dan husnul khatimah. Berikut doa awal tahun. Berikut doa akhir tahun 1444 H dan awal tahun 1445 H.

Baca Juga

Doa Akhir Tahun: 

Dikutip dari kitab Maslakul Akhyar yang ditulis Habib Usman bin Yahya Al Alawi: 

 

  اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ 

Allahumma maa 'alimtu min 'amali fiy hadzihis sanati ma nahaytaniy 'anhu walam atub minhu wa halumta fiyha 'alaya bifadhlika Ba'da qudrotika 'ala 'uquunatiy wada'autaniy ilat taubati min ba'di jarooatig 'ala ma'syiyatika fainniys taghfartuka faghfirliy wa maa 'amiltu fiyha mimma tardho wawa'adtaniy 'alaihitsawaaba faaas aluka An tataqobbala minniy walaa taqto' rojaaiy Minka yaa kariim.

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement