Rabu 12 Jul 2023 23:59 WIB

Tuntunan Doa Setelah Sholat Dhuha

Seorang Muslim dianjurkan menjaga sholat Dhuha.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Tuntunan Doa Setelah Sholat Dhuha. Foto: Sholat Dhuha di kantor (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Tuntunan Doa Setelah Sholat Dhuha. Foto: Sholat Dhuha di kantor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hadits riwayat Abu Dzar berisi tentang besarnya keutamaan mengerjakan sholat Dhuha. Dalam hadits tersebut, dikatakan bahwa setiap pagi wajib bagi setiap anak Adam untuk bersedekah atas setiap persendian yang ada di tubuhnya.

"Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap ajakan kepada kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah. Semua itu tercukupi dengan dua rakaat (sholat) Dhuha" (HR Muslim).

Baca Juga

Adapun setelah melaksanakan sholat Dhuha, terdapat tuntunan doa yang dapat dibaca.

Berikut ini bacaan doa setelah sholat dhuha, seperti dijelaskan dalam Panduan Shalat Praktis dan Lengkap oleh Ust Syaifurrahman El-Fati:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Latin:

"Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ismata 'ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu, wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’idan faqorribhu, bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta 'ibadakas sholihin".

Artinya:

"Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

Seorang Muslim sepatutnya menjaga ibadah sunnahnya dengan melaksanakan sholat dhuha di pagi. Sebab, sebagaimana sabda Nabi SAW, sholat Dhuha akan menjadi berkah berupa kecukupan dalam mengarungi kehidupan seharian.

عَنْ أَبِى ذَرٍّ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « عَنِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَنَّهُ قَالَ ابْنَ آدَمَ ارْكَعْ لِى مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ آخِرَهُ ». رواه ابن حِبَّان والنَّسائي وأبو داود وأحمد.

Dari Abu Darda' dan Abu Dzar, dari Rasulullah SAW yang meriwayatkan langsung dari Allah SWT, "Wahai anak Adam, rukuklah untuk-Ku sebanyak empat rakaat di awal hari (pagi), maka Aku akan cukupkan kebutuhanmu di sisa harimu" (HR Tirmidzi).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement