Jumat 07 Jul 2023 17:54 WIB

Inilah Dzikir yang Ampuh untuk Menghadapi Tantangan Hidup

Hasaba dalam bahasa Arab berarti hisab, menghitung.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Berdzikir. Ilustrasi
Foto:

Maka dapatkah kita membayangkan apa yang akan terlintas dalam pikiran? Tidakkah kita ingin meninggalkan kebiasaan buruk semasa hidup di dunia?

Ketika seorang Muslim membantu saudara dan saudari yang tertindas, atau dia membaca Alquran, Nabi berkata, "... Orang tersebut akan melihat ke kanannya, dan tidak akan melihat apapun kecuali perbuatannya. Kemudian orang tersebut akan melihat ke depan dirinya dan tidak akan melihat apapun kecuali api neraka yang menghadapnya. Maka, lindungilah dirimu dari Api Neraka walaupun dengan bersedekah setengah kurma." (HR Bukhari).

Maka, pada hakikatnya apa yang terjadi di Hari Perhitungan dan Hari Akhir adalah semua hal tentang momen sekarang. Hari Perhitungan adalah hari ketika manusia akan melihat catatan semua perbuatannya dan akan dimintai pertanggungjawaban untuk itu. Bayangkan mulut kita tertutup rapat dan semua anggota tubuh akan mulai mengungkapkan kegunaannya ketika di bumi.

Allah berfirman dalam Surat An Nur ayat 24, "Yawma tashhhadu 'alaihim alsinatuhum wa aidiihim wa arjuluhum bimaa kaanuu ya'maluun."

Yang artinya, "Pada hari, (ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan."

Dzikir Paling Kuat

Berikut salah satu dzikir paling kuat yang diajarkan kepada umat Islam dalam Alquran dan sunnah yang dapat dan harus digunakan untuk semua tantangan hidup: "Hasbuna Allahu wa ni’ma-l wakil." Yang artinya, "Cukuplah Allah bagi kami, dan Dia sebaik-baik Pemelihara urusan." Dianjurkan mengucapkan dzikir tersebut ketika mengingat dan takut kepada Hari Perhitungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement