Rabu 28 Jun 2023 11:12 WIB

Doa Saat Menerima Daging Kurban

Dianjurkan membaca doa saat menerima daging kurban.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa Saat Menerima Daging Kurban. Foto: besek untuk daging kurban
Foto: Antara/Budi Candra Setya
Doa Saat Menerima Daging Kurban. Foto: besek untuk daging kurban

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Ketika ada panitia kurban yang membagikan daging kurban, maka ucapkanlah terima kasih kepada mereka yang telah mengantarkan daging kurban tersebut. Selain itu jangan lupa untuk mendoakan orang yang mengantar daging kurban itu dan orang yang berkurban sehingga daging kurbannya sampai kepada kita. Berikut doa yang bisa baca ketika menerima daging kurban: 

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا. اللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيمَا رَزَقْتَهُمْ وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ.

Baca Juga

Jazakallahu Khoiron. Allahumma barik lahum fima Rozaq tahum waghfirlahum warhamhum.

 

 

Semoga Allah membalas membalasmu dengan ganjaran yang baik. Ya Allah berkahilah apa yang Engkau rezekikan kepada mereka, ampunilah mereka dan rahmatilah mereka.

Sementara itu orang yang berkurban akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Dalam hadits disebutkan bahwa orang yang berkurban maka amal kurbannya dicatat sebagai amal yang paling dicintai oleh Allah SWT dan pahalanya lebih cepat.

Dalam hadits riwayat Imam at-Tirmidzi dan imam Ibnu Majah bahwa Nabi SAW bersabda:

مَا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلِ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِإِنَّهَا لَتَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنْ الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

(رواه الترمذي وابن ماجه

Dari Aisyah ra: Rasulullah saw bersabda, "Tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan qurban). Hewan itu nanti pada hari kiamat akan datang dengan tanduk, rambut dan bulunya. Dan pahala qurban itu di sisi Allah swt lebih dahulu dari pada darah yang menetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah. Maka hiasilah dirimu dengan ibadah qurban. (HR. Tirmidzy dan Ibnu Majah)

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement