Selasa 13 Jun 2023 06:20 WIB

Anjuran untuk Bergegas Mengerjakan Sholat

Bagi mereka ampunan Allah SWT dan pahala yang berlipat-lipat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah bersiap melaksanakan sholat Isya di Masjidil Haram, Sabtu (3/6/2023). Anjuran untuk Bergegas Mengerjakan Sholat
Foto: Republika/Fuji Eka Permana
Jamaah bersiap melaksanakan sholat Isya di Masjidil Haram, Sabtu (3/6/2023). Anjuran untuk Bergegas Mengerjakan Sholat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat banyak kebaikan bagi orang-orang yang yang bergegas melaksanakan sholat ketika telah masuk waktunya. Bagi mereka ampunan Allah SWT dan pahala yang berlipat-lipat.

Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW 

Baca Juga

 

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الْأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لَاسْتَهَمُوا وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي التَّهْجِيرِ لَاسْتَبَقُوا إِلَيْهِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي الْعَتَمَةِ وَالصُّبْحِ لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

 

Sesungguhnya Rasulullah berdabda: "Seandainya manusia mengetahui apa (kebaikan) yang terdapat pada adzan dan shaf awal, lalu mereka tidak akan mendapatkannya kecuali dengan cara mengundi, niscaya mereka akan melakukannya. Dan seandainya mereka mengetahui kebaikan yang terdapat dalam bersegera (menuju sholat), niscaya mereka akan berlomba-lomba. Dan seandainya mereka mengetahui kebaikan yang terdapat pada sholat Isya dan subuh, niscaya mereka akan mendatanginya walaupun harus dengan merangkak." (HR Bukhari).

Bahkan bagi orang-orang yang menanti datangnya waktu sholat, mereka mendapatkan pahala tersendiri setara pahalanya orang yang sholat. 

Sebagaimana hadits Rasulullah:

 لا يزال أحدكم في صلاة ما دامت الصلاة تحبسه لا يمنعه أن ينقلب إلى أهله إلا الصلاة

Kalian dicatat mendapat pahala sholat selama kalian menunggu sholat, sehingga tidak ada yang menghalanginya pulang ke rumah kecuali karena menunggu sholat. (Muttafaqun ‘alaih)

Selain itu, dalam sebuah riwayat dijelaskan orang yang menanti datangnya waktu sholat, maka para malaikat akan berdoa untuknya memohon ampunan dan belas kasihan selama ia berada dalam tempat sholatnya dan belum berhadats. Menanti datangnya sholat juga merupakan sebab terhapusnya dosa dan diangkatnya derajat. 

Orang yang datang lebih awal ke masjid dan mengikuti takbir pertama dengan imam, maka baginya keselamatan di akhirat. Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW 

من صلى لله أربعين يوماً في جماعة يدرك التكبيرة الأولى كتبت له براءتان : براءة من النار وبراءة من النفاق

Siapa yang sholat empat puluh hari secara berjamaah sejak takbir pertama, dicatat baginya dua keterbebasan, keterbebasan dari api neraka dan keterbebasan dari kemunafikan. (HR Tirmidzi).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement