Senin 12 Jun 2023 12:00 WIB

Ingin Sholat Berjamaah ke Masjid Tapi Sudah Selesai, Masihkah Dapat Pahala?

Ada hadits soal orang yang pergi ke masjid untuk sholat berjamaah tapi sudah selesai.

Ingin Sholat Berjamaah ke Masjid Tapi Sudah Selesai, Masihkah Dapat Pahala?. Foto: lustrasi masjid
Foto: Republika.co.id
Ingin Sholat Berjamaah ke Masjid Tapi Sudah Selesai, Masihkah Dapat Pahala?. Foto: lustrasi masjid

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Banyak orang yang sudah mengetahui tentang keutamaan mengerjakan sholat wajib berjamaah di masjid. Namun, adakah yang mengetahui bagaimana jika kita telah berniat untuk sholat berjamaah ke masjid, tetapi ternyata tertinggal?

Dalam sebuah hadits disebutkan:

Baca Juga

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ وُضُوءَهُ ثُمَّ رَاحَ فَوَجَدَ النَّاسَ قَدْ صَلَّوْا أَعْطَاهُ اللَّهُ جَلَّ وَعَزَّ مِثْلَ أَجْرِ مَنْ صَلاَّهَا وَحَضَرَهَا لاَ

يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أَجْرِهِمْ شَيْئًا

 “Barang siapa yang berwudhu dengan sempurna kemudian dia pergi ke masjid, ternyata sholat jama’ah telah selesai, maka Allah akan berikan padanya pahala seperti orang yang mengikuti sholat jamaah itu dan menghadirinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun.” (HR Abu Dawud, Nasa'1, Hakim).

Maulana Muhammad Zakarriyya Al Khandahlawi menyebutkan dalam kitabnya, Fadhilah Amal menjelaskan soal hadits ini. Menurut dia, ini menunjukkan betapa besar karunia dan anugerah Allah kepada orang yang berusaha menjaga sholat berjamaah. Meskipun tidak jadi sholat berjamaah, orang itu tetap dapat pahala.

"Dari sini kita ketahui bahwa kita jangan menunda-nunda pergi ke masjid hanya karena mengira sholat berjamaah telah selesai. Jika kita pergi ke masjid dan mendapatkan sholat berjamaah sudah selesai, kita tetap akan mendapatkan pahala berjamaah, kecuali jika kita telah meyakini sebelumnya bahwa sholat berjamaah sudah selesai maka tidaklah mengapa," tulis Maulana Zakarriyya.

photo
Infografis surat yang kerap dibaca Nabi Muhammad saat sholat jumat. - (Dok Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement