Senin 12 Jun 2023 16:00 WIB

Doa Membasuh Wajah Ketika Wudhu

Membasuh wajah adalah salah satu rukun wudhu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa Membasuh Wajah Ketika Wudhu. Foto: Wudhu (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Doa Membasuh Wajah Ketika Wudhu. Foto: Wudhu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membasuh wajah adalah salah satu rukun wudhu. Maka tidak sah wudhunya seseorang bila tidak membasuh muka.

Batasan muka yakni panjangnya adalah antara tempat tumbuhnya rambut sampai dengan di bawah ujung kedua rahangnya. Sedangkan lebarnya adalah antara kedua telinganya. Termasuk muka adalah berbagai rambut yang tumbuh di dalamnya seperti alis, bulu mata, kumis, jenggot, dan godek.

Baca Juga

Rambut-rambut tersebut wajib dibasuh bagian luar dan dalamnya beserta kulit yang berada di bawahnya meskipun rambut tersebut tebal, karena termasuk bagian dari wajah. tetapi tidak wajib membasuh bagian dalam rambut yang tebal bila rambut tersebut keluar dari wilayah muka.

Dan ketika membasuh muka dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut:

 

اللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِي بِنُورِكَ يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوهُ أَوْلِيَائُكَ ، وَلَا تُسَوِّدْ وَجْهِي بِظُلُمَاتِكِ يَوْمَ تَسْوَدُّ وُجُوهُ أَعْدَائِكَ.

Allahumma bayyid wajhiy binurika yauma tabyadhu wujuhu auliyaauka walaa tusawidu wajhiy BI dzulumatika yauma taswadu wujuhu a'daaika.

Artinya: Ya Allah, putihkanlah wajahku dengan nur-Mu pada hari wajah-wajah kekasihmu menjadi bersinar putih, dan jangan engkau hitamkan wajah saya dengan kegelapan-Mu pada hari wajah-wajah musuh menjadi hitam.”

Keterangan ini sebagaimana terdapat dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al Ghazali.

ثم خذ غرفة لوجهك، فاغسل بها من مبتدا تسطيح الجبهة إلى منتهى ما يقبل من الذقن في الطول، ومن الأذن إلى الأذن فى العرض، وأوصل الماء إلى موضع الأحذية - وهو ما يعتاد النساء تنحية الشعر عنه، ما بين رأس الأذن إلى زاوية الجبين ؛ أعني ما يقع منه في جهة الوجه، وأوصل الماء إلى منابت الشعور الأربعة: الحاجبان، والشاربان، والأهداب، و العذاران، وهما ما يوازي الأذنين من مبتدأ اللحية. ويجب إيصال الماء إلى منابت الحية الخفيفة دون الكثيفة.  وقل عند غسل الوجه: اللهم بيض وجهي بنورك يوم تبيض وجوه أوليائك ، ولا تسود وجهي بظلماتك يوم تسود وجوه أعدائك.

Kemudian ambilah lagi air untuk membasuh wajahmu. Maka basuhlah dengan dengan air tersebut dari mulai permukaan dahi sampai ke bagian depan ujung dagu. Dan dari telinga yang satu sampai telinga lainnya dalam hal lebarnya. Dan dalam membasuh wajah ini air harus merata keseluruh wajah sampai pada bagian antara bagian atas telinga dan tepi pelipis, yakni tempat di tepi dahi.

Air itu harus sampai pula membasahi empat tempat tumbuhnya bulu di wajah, yaitu tempat tumbuhnya kedua alis, tempat tumbuhnya kumis, bulu-bulu mata dan bulu yang tumbuh dipermulaan jenggot (jambang). Air tersebut wajib pula membasahi tempat tumbuhnya jenggot yang tipis, tidak wajib menyampaikan air ke tempat tumbuhnya jenggot yang lebat.

Doa ketika membasuh wajah membaca doa “Allahumma bayyid wajhiy binurika yauma tabyadhu wujuhu auliyaauka walaa tusawidu wajhiy BI dzulumatika yauma taswadu wujuhu a'daaika.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement