Sabtu 10 Jun 2023 15:14 WIB

Doa Sapu Jagat, Munajat Ampuh yang Sering Dibaca Nabi Muhammad SAW

Doa sapu jagat gambungkan kebaikan dunia akhirat

Rep: Rossi Handayani, Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa (ilustrasi). Doa sapu jagat gambungkan kebaikan dunia akhirat
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (ilustrasi). Doa sapu jagat gambungkan kebaikan dunia akhirat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu doa yang kerap dibaca oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yakni doa sapu jagat. Doa ini bersumber langsung dari Alquranul Karim.

Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu menuturkan, “Doa yang paling sering diucapkan oleh Nabi Shallallahu alaihi wa sallam adalah: 

Baca Juga

 الَّلهُمَّ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنۡيَا حَسَنَةً وَّفِى الۡاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

‘Allaahumma Rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa adzaabannaar.’”

 

Artinya: "Wahai Tuhan kami! Berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di Akhirat, serta lindungilah kami dari siksa Neraka).” (HR Bukhari dan Muslim)

Dikutip dari buku Syarah Doa-Doa Pilihan Terbaik oleh Abdurrazzaq bin Abdulmuhsin Al-Badr dengan penerjemah Muhammad Afif Naufaldi bin Ali, Doa ini termasuk doa yang paling agung dan mulia.

Ia juga termasuk doa jawami` yang telah menghimpun kebaikan dunia dan Akhirat. Doa ini adalah doa dari Alquran, yang Allah sebutkan ketika memuji orang-orangberiman dalam konteks ayat-ayat seputar haji. Allah جل جلاله berfirman:

وَمِنۡهُمۡ مَّنۡ يَّقُوۡلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنۡيَا حَسَنَةً وَّفِى الۡاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ  Di antara mereka ada juga yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.”} [QS Al-Baqarah ayat 201]

Dalam ayat ini, Allah memuji orang-orang yang berdoa kepadaNya dengan doa tersebut, yang mengandung permintaan kebaikan di dunia dan Akhirat.

 

 

 Sementara itu, Dijelaskan mengenai anjuran dan juga keutamaan membaca doa-doa harian, yakni sesungguhnya dengan berdoa, Allah dapat menghapuskan kesulitan, memberikan kemudahan, dan meluaskan hati orang-orang yang beriman.

Tak hanya itu, doa juga merupakan ibadah sebagaimana yang pernah disampaikan Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

إِنَّ اَلدُّعَاءَ هُوَ اَلْعِبَادَةُ  "Doa itu adalah ibadah." Bahkan Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat Ghafir ayat 60: 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Yang artinya, "Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Baca juga: Masuk Islam, Zilla Fatu Putra Umaga Pegulat WWE Ini Beberkan Alasannya yang Mengejutkan

Selain itu, keutamaan lainnya dari membaca doa adalah sebagaimana yang disampaikan Rasulullah SAW sebagai berikut:  

لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اَللَّهِ مِنَ الدُّعَاءِ Yang artinya, "Tiada yang lebih mulia di hadapan Allah selain doa" (HR Ibn Hibban dan al-Hakim).

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Allah SWT akan menutup aib orang yang rajin berdoa. Rasululullah SAW bersabda: 

 من سره أن يستجيب الله له عند الشدائد فليكثر الدعاء في الرخاء “Barang siapa menghendaki doanya dikabulkan oleh Allah saat susah dan ditimpa musibah, hendaklah ia memperbanyak doa ketika sedang lapang.” (HR Tirmidzi).     

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement