Kamis 08 Jun 2023 17:00 WIB

Dalil Membaca Surat Yasin di Malam Jumat

Sebagian Muslim ada yang membiasakan membaca surat yasin di malam Jumat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Kaligrafi Surat Yasin
Foto: Infografis Republika
Kaligrafi Surat Yasin

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Malam Jumat memiliki makna dan keberkahan tersendiri dalam agama Islam. Banyak umat Muslim yang menganggapnya sebagai waktu istimewa untuk beribadah dan mendapatkan pahala yang besar. Ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di malam Jumat, salah satunya adalah membaca surat Yasin.

Surat Yasin adalah salah satu surah yang terdapat dalam Alquran. Banyak umat Muslim yang meyakini bahwa membaca surat Yasin di malam Jumat memiliki keutamaan dan keberkahan. Hal ini didasarkan pada sejumlah hadits yang secara spesifik menyebutkan keutamaan membaca surat Yasin di malam Jumat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga

مَنْ قَرَأَ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ حم الدُّخَانَ وَيس أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهُ (أخرجه البيهقى فى شعب الإيمان وضعفه عن أبى هريرة وأخرجه أيضًا : أبو يعلى)

Artinya: “Barang siapa membaca di malam Jumat Surat Hamim ad-Dukhan dan surat Yasin maka Allah mengampuni-nya di pagi hari.”

Dalam keterangan tersebut, juga disebutkan bahwa HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman menilai hadits tersebut dhaif. Namun, ada juga hadits lain yang dijadikan dalil baca surat Yasin di malam Jumat, yaitu:

وخبر أبي داود عن الحبر مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ يَسِ وَالصَّافَّاتِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَعْطَاهُ اللهُ سُؤْلَهُ وفيه انقطاع

فيض القدير - (ج 6 / ص 258)

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin dan Shaffat di malam Jumat, maka Allah akan memberi permintannya”. (HR Abu Dawud). Namun, sanad hadits ini terputus (Faidh al-Qadir).

Meskipun hadits di atas dinilai lemah, tapi mengamalkan hadits dhaif diperbolehkan oleh para ulama, asalkan bukan tergolong hadits maudlu’ (palsu). Syekh Ibnu Hajar al-Haitami mengatakan:

   وقد تقرر أن الحديث الضعيف والمرسل والمنقطع والمعضل والموقوف يعمل بها في فضائل الأعمال إجماعا

Artinya: “Dan merupakan ketetapan bahwa hadits dla’if, mursal, munqathi’, mu’dlal dan mauquf dapat dipakai untuk keutamaan amal menurut kesepakatan ulama.” (Syekh Ibnu Hajar al-Haitami, Al-Fatawa al-Kubra al-Fiqhiyyah, Beirut, Dar al-Fikr, 1983 M, juz 2, halaman: 53).

Itu lah beberapa dalil terkait bacaan surat Yasin di malam Jumat. Nah, dalam menjalankan amalan-amalan seperti membaca surat Yasin tersebut penting untuk memiliki niat yang ikhlas dan melakukannya dengan penuh kekhusyukan. Selain itu, kita juga harus memahami makna dari apa yang kita baca dan doakan agar dapat merasakan manfaat spiritual dari ibadah tersebut.

Penting untuk diingat bahwa praktik keagamaan dapat bervariasi di antara individu dan budaya yang berbeda. Jika sobat Republika memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang keutamaan membaca surat Yasin di malam Jumat, silakan tanyakan kepada ulama atau orang yang berpengetahuan dalam agama Islam untuk mendapatkan panduan yang lebih tepat.

photo
Infografis Durasi Alquran diturunkan - (Dok Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement