Jumat 02 Jun 2023 09:47 WIB

Hal Pertama yang Dilakukan Ketika Bangun Tidur Menurut Imam Ghazali

Hal pertama saat bangun tidur adalah mengingat Allah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Hal Pertama yang Dilakukan Ketika Bangun Tidur Menurut Imam Ghazali. Foto:  Tidur (ilustrasi)
Foto:

Artinya: Segala puji bagi Allah dzat yang menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepadaNya pula kami akan kembali. Kami masuk di pagi hari dan semua kerajaan dunia masuk pagi semata-mata karena Allah, dan keagungan Kerajaan milik Allah, kemuliaan dan kekuasaan itu milik Allah Tuhan semesta alam. Kami masuk lagi hari ini berdasarkan fitrahnya agama Islam, dan berdasar kalimat ikhlas (tauhid). Dan tetap atas agama nabi Muhammad SAW, dan tetap pada agamanya bapak kami nabi Ibrahim yang lurus dan Muslim dan tidak termasuk orang-orang musyrik. Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali. Ya Allah kami mohon padaMu agar engkau membangkitkan kami di hari ini dengan bangkit pada setiap amal kebaikan. Dan aku berlindung pada-Mu di hari ini, jangan sampai melakukan kejahatan atau menarik kejahatan itu kepada sesama Muslim. Kami mohon padamu yang tebaik padaMu di hari ini dan yang terbaik apa-apa yang ada di hari ini, dan kami berlindung kepadaMu dari jahatnya hari ini dan jahatnya apapun yang ada di hari ini. 

Lebih lanjut Imam Al Ghazali menjelaskan apabila setelah bangun tidur lalu orang tersebut mengganti pakaian, maka niatkan memakai pakaian itu untuk menjalankan perintah Allah dengan menutup aurat. Dan hindari diri dari memiliki niat pamer memakai baju. 

فإذا لبست ثيابك فانو به امتثال أمر الله تعالى في ستر عورتك. واحذر أن يكون قصدك من لباسك مراءاة الخلق فتخسر.

Jika kamu memakai baju maka berniat lah dengan memakai baju mengikuti perintah Allah yakni perintah menutup aurat. Dan hindarilah kalau niatmu berpakaian itu pamer kepada manusia, maka kamu akan merugi. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement