Senin 29 May 2023 17:10 WIB

Ayat-Ayat Alquran Ini Buktikan Penciptaan Alam Semesta Berlangsung Secara Bertahap

Allah SWT menciptakan alam semesta secara bertahap

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi alam semesta. Allah SWT menciptakan alam semesta secara bertahap
Foto:

Melalui Surat Al Baqarah ayat 29, Allah SWT menjelaskan bahwa Dialah Pencipta apa saja yang ada di bumi. Usai menciptakan semua itu, Dia berkehendak menciptakan langit.

Pada mulanya melihat redaksi ayat yang Allah SWT ciptakan hanya satu langit, sebelum Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit yang terbentang di ruang angkasa. Ungkapan tersebut lagi-lagi mengisyaratkan adanya pentahapan dalam penciptaan langit. 

Fenomena yang demikian ini dalam penciptaan disebut evolusi. Evolusi berlaku untuk semua yang ada di alam semesta, semua makhluk mengalami proses ini. Allah SWT mengisyaratkan hal ini dalam Alquran melalui firman-Nya sebagai berikut.

 وَهُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۚ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَاَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًاۚ وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَّجَنّٰتٍ مِّنْ اَعْنَابٍ وَّالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ اُنْظُرُوْٓا اِلٰى ثَمَرِهٖٓ اِذَٓا اَثْمَرَ وَيَنْعِهٖ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكُمْ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

“Dialah yang menurunkan air dari langit lalu dengannya Kami menumbuhkan segala macam tumbuhan. Maka, darinya Kami mengeluarkan tanaman yang menghijau. Darinya Kami mengeluarkan butir yang bertumpuk (banyak). Dari mayang kurma (mengurai) tangkai-tangkai yang menjuntai. (Kami menumbuhkan) kebun-kebun anggur. (Kami menumbuhkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah dan menjadi matang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang beriman.” (QS Al Anam ayat 99) 

Ayat di atas menjelaskan bahwa keberadaan tumbuhan diawali dengan turunnya hujan. Air hujan membasahi dan menyuburkan bumi. 

Dalam keadaan demikian, tumbuhlah tanaman dan pepohonan yang berasal dari benih-benihnya. 

Tanaman itu kemudian menghasilkan buah-buahan yang menjadi makanan bagi makhluk hidup lain yang memerlukannya. Dari uraian ini kita tahu bahwa keberadaan tumbuhan tidak terjadi begitu saja. 

Semua tanaman dimulai dari benih yang kemudian tumbuh menjadi cikal bakal tumbuhan tersebut, menjadi besar, berdaun, berbunga, dan berbuah. Untuk menjadi suatu pohon yang besar dan berbuah, benih harus melalui proses yang relatif panjang sesuai jenis dan keadaannya. 

Proses seperti yang diuraikan dalam surat Al Anam ayat 99 tersebut menunjukkan adanya evolusi. Artinya, sesuatu tidak terjadi secara sekaligus, melainkan melalui tahapan-tahapan sebagaimana seharusnya.

 

Evolusi seperti ini terjadi pada semua makhluk di alam semesta, tidak terkecuali binatang dan manusia. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement