Senin 29 May 2023 15:53 WIB

Sambutan Hangat Malaikat Maut pada Mukmin Saat Meninggal

Ketika orang mukmin akan meninggal, maka mereka akan dikabarkan tentang kebaikan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Sambutan Hangat Malaikat Maut Pada Mukmin Saat Meninggal. Foto:  Pemakaman, ilustrasi
Foto: ina febriani
Sambutan Hangat Malaikat Maut Pada Mukmin Saat Meninggal. Foto: Pemakaman, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang yang beriman, yang menjadi kekasih Allah dan yang banyak melakukan amal-amal saleh selama hidup di dunia sangat dihormati oleh malaikat maut. Bahkan, ketika mereka meninggal, malaikat maut akan menyambut mereka dengan memberikan salam.

Sebagaimana Imam Qurthubi dalam kitab At Tadzkirah menukilkan sejumlah riwayat yang menegaskan tentang sambutan hangat malaikat maut kepada orang-orang mukmin ketika meninggal. 

Baca Juga

ابن المبارك قال أخبرنا حيوة قال أخبرني أبو صخر عن محمد بن كعب القرظي قال: إذا استنقعت نفس العبد المؤمن جاءه ملك الموت فقال: السلام عليك يا ولي الله ، الله يقرأ عليك السلام، ثم نزع بهذه الآية: ٱلَّذِينَ تَتَوَفَّىٰهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ طَيِّبِينَ ۙ يَقُولُونَ سَلَٰمٌ عَلَيْكُمُ ٱدْخُلُوا۟ ٱلْجَنَّةَ بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

 

(النحل:٣٢).

Artinya: Diriwayatkan dari Ibnu Mubarak, dia berkata: telah mengabarkan pada kami Haiwah, dia berkata: mengabarkan padaku Abu Shakra dari Muhammad bin Ka'ab Al Qurdhzi, dia berkata: Apabila seorang mukmin akan meninggal dunia maka malaikat maut akan mendatanginya sambil berkata: Assalamu Alaika yaa waliyallah, Allahu yaqrou 'alaikassalama (Keselamatan atasmu wahai kekasih Allah, Allah memberikan salam padamu). 

Kemudian malaikat maut membacakan ayat: Allazina tatawaffahumul-mala'ikatu tayyibina yaquluna salamun 'alaikumudkhulul-jannata bimq kuntum ta'malun (orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): "Salaamun'alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan") (QS an-Nahl ayat 32).

Dalam riwayat lainnya disebutkan:

وقال ابن مسعود رضي الله عنه : إذا جاء ملك الموت لقبض روح المؤمن قال: ربك يقريك السلام 

Artinya: Ibnu Mas'ud berkata: apabila malaikat maut datang untuk mencabut nyawa seorang mukmin, maka dia akan berkata kepada mukmin itu Tuhanmu mengucapkan salam untukmu.

Lalu dalam riwayat lainnya:

وعن البراء بن عازب في قوله تعالى: تَحِيَّتُهُمْ يَوْمَ يَلْقَوْنَهُۥ سَلَٰمٌ ۚ وَأَعَدَّ لَهُمْ أَجْرًا كَرِيمًا (الأحزاب:٤٤) فيسلم ملك الموت على المؤمن عند قبض روحه، لايقبض روحه حتى يسلم عليه. 

Artinya: Diriwayatkan dari Al Barra bin Azib, menjelaskan firman Allah SWT: tahiyyatuhum yauma yalqiunahu, Salamun wa a'ada lahum ajrin kariyman (Salam penghormatan kepada mereka -orang-orang mukmin itu- pada hari mereka menemui-Nya ialah: salam dan Dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka (QS al-Ahzab ayat 44). 

Maka malaikat maut akan menyapa kepada seorang mukmin  pada saat nyawanya akan dicabut dan nyawanya tidak akan keluar sehingga malaikat maut mengucapkan salam kepadanya.

Lebih lanjut, dijelaskan dalam kitab at Tadzkirah bahwa ketika orang mukmin akan meninggal, mereka akan dikabarkan tentang kebaikan-kebaikan anak keturunannya agar hati orang mukmin itu menjadi tentram. Wallahu a'lam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement