Senin 29 May 2023 14:55 WIB

Bau Busuk Roh dari Golongan Ini, Rasulullah SAW Sampai Tutup Hidung

Rasulullah SAW menutup hidungnya dengan kain karena bau busuk roh dari golongan ini.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Bau Busuk Roh dari Golongan Ini, Rasulullah SAW Sampai Tutup Hidung. Foto:  Tempat Pemakaman (ilustrasi)
Foto: www.emirates247.com
Bau Busuk Roh dari Golongan Ini, Rasulullah SAW Sampai Tutup Hidung. Foto: Tempat Pemakaman (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Roh orang mukmin memiliki wangi yang sangat harum. Wanginya itu seperti wangi minyak kasturi. Kelak ketika orang mukmin meninggal, roh mereka akan dijemput dua malaikat yang membawanya ke langit. Roh orang mukmin disambut  ramah oleh para malaikat. Lalu Allah memerintahkan malaikat untuk membawa roh mukmin itu ke tempat yang tertinggi yakni Sidratul Muntaha. 

Sebaliknya roh orang-orang kafir memiliki bau busuk yang sangat menyengat. Mereka dibawa malaikat hingga ke sijjin yakni tempat terendah bagi orang-orang kafir menerima azab. Saking baunya roh orang-orang kafir, dalam satu riwayat Rasulullah SAW sampai menutup hidungnya dengan kain. Ini menunjukan begitu tercelanya orang-orang kafir. Hadits yang menerangkan ini dapat ditemukan pada hadits riwayat Muslim. Imam Qurthubi dalam kitab at Tadzkirah ketika sampai pada penjelasan tentang keluarnya roh orang mukmin dan kafir, juga menukil hadits tersebut. Berikut redaksinya;

Baca Juga

مسلم. عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : إذا خرجت روح العبد المؤمن تلقاها ملكان يصعدان بها، قال حماد: فذكر من طيب ريحها، وذكر المسك، قال: ويقول أهل السماء: روح طيبة جاءت من قبل الأرض صلى الله عليك وعلى جسد كنت تعمرينه، فينطلق به إلى ربه، ثم يقول: انطلقوا به إلى آخر الأجل، وأن الكافر إذا خرجت روحه قال حماد: وذكر من نتنها، وذكر لعنا، ويقول أهل السماء: روح خبيثة جاءت من قبل الأرض، قال : فيقال انطلقوا به إلى آخر الأجل، قال أبو هريرة: فرد رسول الله ﷺ ريطة كانت عليه على أنفه هكذا.

Artinya: Dari Abi Hurairah Radhiyallahu Anhu. Dia berkata: Ketika keluar roh seorang hamba mukmin, dua malaikat menjumpai mukmin tersebut, dan dua malaikat itu naik ke langit bersama roh mukmin itu. Hammad berkata: disebutkan baiknya wangi roh mukmin, disebutkan roh mukmin wanginya seperti kasturi. Para penduduk langit berkata: roh yang baik telah datang dari bumi, sholawat atas kamu dan atas jasad yang telah engkau tempati. Kemudian roh itu di bawa kepada Allah, kemudian Allah berkata: bawa pergi dia sampai tempat paling akhir (Sidratul Muntaha) 

Dan sesungguhnya orang kafir apabila rohnya telah keluar daripadanya. Hammad berkata: ia menyebutkan baunya yang busuk dan cercaan yang ditujukan kepadanya, lalu para penghuni langit berkata: Telah datang satu roh yang buruk dari bumi. Ia berkata: lalu dikatakan: bawalah ia hingga sampai ke tempat yang paling akhir (yakni sijiin) Abu Hurairah berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam meletakkan kain tipis yang ada padanya pada hidung beliau seperti ini (menggambarkan baunya roh orang kafir). (Hadits Riwayat Muslim)

Wallahu'alam

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement