Ahad 28 May 2023 21:50 WIB

Doa Saat Istri dalam Proses Melahirkan Anak

Doa saat istri melahirkan bersumber dari hadits.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Doa Saat Istri dalam Proses Melahirkan Anak. Foto:   Berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Doa Saat Istri dalam Proses Melahirkan Anak. Foto: Berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Para suami dalam hatinya tentu merasa terenyuh saat melihat atau mengetahui saat istrinya merintih kesakitan dalam proses melahirkan anak. Namun tetap saja, perasaan tersebut tidak bisa menggantikan jerih payah dan rasa sakit yang dialami oleh sang istri.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh suami saat istrinya sedang melahirkan?

Baca Juga

Dalam Islam, terdapat bacaan yang bisa diucapkan oleh seorang suami saat menemani istri melahirkan. Bacaan ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW saat putrinya, Fatimah, melahirkan. Bacaan tersebut diambil dari ayat suci Alquran.

Imam Nawawi dalam Al Adzkaar menyampaikan, hendaknya orang yang menemani perempuan yang sedang melahirkan, membaca doa yang diperuntukkan bagi orang yang tertimpa malapetaka.

 

Adapun doa saat menemani istri melahirkan, didasarkan pada hadits berikut.

وأخرج ابن السني في عمل اليوم والليلة من طريق علي بن الحسين عن أبيه عن أمه فاطمة " أن رسول الله صلى الله عليه وسلم لما دنا ولادها أمر أم سلمة وزينب بنت جحش أن يأتيا فاطمة ، فيقرأ عندها آية الكرسي و { إن ربكم الله } ( الأعراف الآية 54 } إلى آخر الآية ، ويعوذاها بالمعوذتين " .

Dalam hadits yang dikeluarkan oleh Ibnu Sinni, yang dinukil oleh Imam Nawawi, disebutkan bahwa ketika Siti Fatimah hendak melahirkan anaknya, Rasulullah SAW memerintahkan Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsy agar datang dan membacakan di sisinya ayat Kursi dan firman Allah "Sesungguhnya Rabb kalian..." hingga akhir ayat (Surat Al A'raf ayat 54), serta membacakan Surat Mu'awwidzatain (Surat Al Falaq dan An Nas).

Berdasarkan hal tersebut, doa yang bisa diucapkan oleh seseorang saat menemani kerabat atau istri yang sedang melahirkan, adalah Ayat Kursi, Ayat 54 Surat Al A'raf dari awal hingga akhir ayat, dan Surat Mu'awwidzatain yakni Surat Al Falaq dan An Nas.

Istri yang mengandung lalu melahirkan anak, akan diganjar dengan pahala sebesar ganjaran untuk orang yang berpuasa dan berjihad di jalan Allah. Jika tengah menyusui anaknya, maka malaikat dari langit akan memanggilnya dan akan dicukupkan pahala amal yang lampau dan akan datang.

Bahkan Aisyah RA sempat berseloroh, "Allah memberikan segudang kebajikan bagi perempuan, mana bagian kalian wahai laki-laki?" Celetukan Aisyah itu pun membuat Rasulullah SAW tertawa.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement