Rabu 24 May 2023 21:19 WIB

Hadits-Hadits Rasulullah SAW Berikut Ini Tegaskan Keutamaan Masjid Nabawi Madinah

Masjid Nabawi termasuk salah satu destinasi yang disunnahkan untuk diziarahi

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Umat Islam melintas di depan Masjid Nabawi, Kota Madinah, Arab Saudi (ilustrasi). Masjid Nabawi termasuk salah satu destinasi yang disunnahkan untuk diziarahi
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Umat Islam melintas di depan Masjid Nabawi, Kota Madinah, Arab Saudi (ilustrasi). Masjid Nabawi termasuk salah satu destinasi yang disunnahkan untuk diziarahi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan sabda yang menjelaskan tentang masjid yang dibangun atas dasar takwa. Hal ini diketahui dalam riwayat Abu Salamah bin Abdurrahman RA. 

 سَمِعْتُ أَبَا سَلَمَةَ بنَ عبدِ الرَّحْمَنِ، قالَ: مَرَّ بي عبدُ الرَّحْمَنِ بنُ أَبِي سَعِيدٍ الخُدْرِيِّ، قالَ: قُلتُ له: كيفَ سَمِعْتَ أَبَاكَ يَذْكُرُ في المَسْجِدِ الذي أُسِّسَ علَى التَّقْوَى؟ قالَ: قالَ أَبِي: دَخَلْتُ علَى رَسولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وَسَلَّمَ في بَيْتِ بَعْضِ نِسَائِهِ، فَقُلتُ: يا رَسولَ اللهِ، أَيُّ المَسْجِدَيْنِ الذي أُسِّسَ علَى التَّقْوَى؟ قالَ: فأخَذَ كَفًّا مِن حَصْبَاءَ، فَضَرَبَ به الأرْضَ، ثُمَّ قالَ: هو مَسْجِدُكُمْ هذا، لِمَسْجِدِ المَدِينَةِ

Baca Juga

Suatu kali, Abu Salamah bertemu dengan Abdurrahman bin Abu Said Al Khudri, lalu bertanya, "Apa yang kamu dengar dari ayahmu tentang masjid yang dibangun atas dasar takwa?" 

Abdurrahman pun menjawab, "Ayahku menceritakan bahwa dia pernah pergi menemui Rasulullah SAW di rumah seorang istri beliau SAW, lalu ia bertanya, 'Ya Rasulullah, masjid manakah di antara dua masjid (Masjidil Haram di Makkah dan dan Masjid Nabawi di Madinah) yang dibangun atas dasar takwa?'"

 

Kemudian Nabi SAW mengambil segenggam pasir lalu dibuangnya kembali ke tanah, lalu beliau bersabda, "Masjid kamu ini (Masjid Nabawi, Madinah)." (HR Muslim) 

Diriwayatkan pula mengenai keutamaan beribadah di Masjid Nabawi, Madinah. Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: 

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ "Sholat di masjidku ini lebih baik daripada seribu sholat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram." (HR Muslim)

Selain itu Nabi SAW juga pernah bersabda: 

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ، وَمَسْجِدِ الرَّسُولِ – صلى الله عليه وسلم – وَمَسْجِدِ الأَقْصَى

"Jangan susah-susah untuk melakukan perjalanan jauh kecuali untuk mengunjungi tiga masjid, yaitu Masjidku ini (Masjid Nabawi di Madinah), Masjidil Haram (di Makkah), dan Masjid Al Aqsha (di Yerusalem Palestina)." (HR Muslim) 

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Masjid Nabawi adalah masjid yang dibangun Nabi Muhammad SAW dan para sahabat setelah mereka hijrah dan tiba di Madinah. Lokasi dibangunnya Masjid Nabawi dulunya adalah area penjemuran kurma milik dua orang anak yatim dari Bani Najjar. Lahan tersebut kemudian dibeli untuk dibangun Masjid Nabawi. 

Nabi Muhammad SAW dan para sahabat gotong-royong membangun Masjid Nabawi di Madinah. Nabi SAW ikut terlibat langsung dalam pembangunan. Beliau turut memindahkan batu dan bebatuan. Saat itu Nabi bersabda, "Ya Allah, tidak ada kehidupan yang lebih baik kecuali akhirat. Maka ampunilah orang-orang Anshar dan Muhajirin." 

Rasulullah SAW juga bersabda, "Para pekerja ini bukan para pekerja Khaibar. Ini adalah pemilik yang paling baik dan paling suci." Sabda beliau ini membuat yang lain terpacu semangatnya dalam bekerja membangun Masjid Nabawi. Salah seorang berkata, "Kalau kita duduk saja, sedangkan Rasulullah ikut bekerja, ini perbuatan orang yang tersesat."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement