Senin 15 May 2023 14:00 WIB

Doa Sebelum Berangkat Haji

Dianjurkan sholat sunnah dulu sebelum membaca doa berangkat haji.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Doa Sebelum Berangkat Haji. Foto:  Jamaah haji memanjatkan doa saat tiba di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (15/7/2022) malam. Sebanyak 406 jamaah haji kloter pertama embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS-1) tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 23.50 WIB dan disambut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Doa Sebelum Berangkat Haji. Foto: Jamaah haji memanjatkan doa saat tiba di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (15/7/2022) malam. Sebanyak 406 jamaah haji kloter pertama embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS-1) tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 23.50 WIB dan disambut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebentar lagi jamaah haji Indonesia akan mulai berangkat ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. Jamaah haji diharapkan mempersiapkan segalanya, termasuk menjaga kesehatan demi kelancaran dalam perjalanan ibadah haji di Tanah Suci.

Ulama menyarankan, sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji, jamaah haji disunahkan untuk sholat dua rakaat.

Baca Juga

Sholat sunah dua rakaat tersebut dengan ketentuan, pada rakaat pertama setelah membaca surah al-Fatihah membaca surah al-Kafirun. Pada rakaat kedua setelah membaca surah al-Fatihah membaca surah al-Ikhlas.

Kemudian setelah selesai sholat dan mengucapkan salam. Selanjutnya membaca doa ini.

الحم ُدْ ْللِْ ْالَّ ِذيْ ْهدانِيْ ْ ِبالإِسلا ِم1ْ ْوْأرشدنِي

إْل ّٰىْ ْأدا ِءْ ْمنا ِس ِكيْ ْحا ًّجا ْببيتِ ِهْ ْو ُمعت ِم ًّرا

ِبمشا ِعْر ِهْْالل ُه َّمْْصلْْعلىْال َّن ِبيْْالأميْْوعل ّٰى

ّٰالِ ِهْ ْوأصحا ِب ِهْ ْأجم ِعينْ. ْال ّٰل ُه َّمْ ْ ِْبكْ ْانتشر ُتْ ْو

إِليكْْتو َّجه ّٰ ُتْْو ِبكْْاعتصم ُت،ْالّْٰل ُه َّمْْانتْْثِقتِي

ورجائِى،ْالل ُه َّمْْفاكفِنِيْْماه َّمنِيْْوماْلاأهتمْْل

ال ّٰل ُه َّمْ ْزودنِي ْال َّتقوى، ْواغفِرْ ْلِيْ ْذن ِبي

ووجهنِىْلِلخي ِرْْأينماْتو َّجه ُتْ

Artinya, "Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku dengan Islam dan memberi bimbingan kepadaku untuk menunaikan manasik hajiku di rumah-Nya dan mengerjakan umroh di tempat lambang-lambang (masya’ir) keagungan-Nya."

"Ya Allah, berilah shalawat atas Nabi yang tidak bisa baca dan tulis (ummi) beserta keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, bersama-Mu aku bertebaran, kepada-Mu aku menghadap dan dengan-Mu aku berpegang teguh."

"Ya Allah, Engkau kepercayaanku dan harapanku, maka Ya Allah lindungilah aku dari sesuatu yang menyusahkan dan sesuatu yang tidak aku perlukan."

"Ya Allah, bekalilah aku dengan takwa dan ampunilah dosaku serta hadapkanlah wajahku pada hal-hal yang baik ke manapun aku menghadapkan."

Dilansir dari buku Doa dan Zikir Manasik Haji dan Umroh yang diterbitkan Kementerian Agama RI, 2020.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement