Senin 15 May 2023 07:09 WIB

Rahasia di Balik Doa Sebelum Makan

Dianjurkan membaca doa sebelum makan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Rahasia Dibalik Doa Sebelum Makan. Foto:  Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Rahasia Dibalik Doa Sebelum Makan. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dianjurkan bagi setiap Muslim untuk membaca basmallah dan doa terlebih dulu sebelum memakan makanan. Sebab dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa amaliyah yang tidak diawali dengan menyebut nama Allah maka akan kehilangan keberkahannya.

Lebih dari itu, ketika aktivitas makan tidak diawali dengan membaca basmalah dan doa, maka setan akan terus membersamai orang yang makan tersebut sehingga tidak memperoleh keberkahan dari yang dimakannya. Maka dari itu penting sekali membaca doa sebelum makan. Berikut doa sebelum makan: 

Baca Juga

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Ya Allah, berkahilah kami pada rezeki yang telah Kaukaruniakan untuk kami dan lindungilah kami dari siksa neraka. Dengan nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang

Dalam salah satu ceramahnya, Rais 'Aam Jam'iyyah Ahlith Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyah (JATMAN) Maulana al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya pernah menjelaskan rahasia dibalik doa sebelum makan.

Menurut Habib Luthfi, ketika seseorang yang akan makan membaca doa sebelum makan, maka orang tersebut tidak hanya mendoakan keberkahan bagi dirinya tapi juga bagi orang-orang lainnya yang terlibat dalam hadirnya makanan yang akan dimakan.

Artinya, orang yang membaca doa tersebut juga mendoakan  orang yang menyuguhkan makanan, orang yang memasak, orang yang memproses berasnya, orang yang menanam padinya, dan lainnya. 

Doa Itu Jembatan Manusia dengan Allah SWT

Memahami dan mengamalkan pengertian doa merupakan suatu keharusan yang dipikul umat Islam karena doa adalah jembatan penghubung manusia dengan Allah SWT.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement