Sabtu 13 May 2023 05:05 WIB

Tafsir Surat An Nahl 42: Inilah Kunci Mutlak Agar Hijrah Berbuah Kemenangan

Namun, tidak sekaligus akan terjadi perubahan nasib.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Nabi dan Rasul. Tafsir Surat An Nahl 42: Kunci Mutlak Agar Hijrah Berbuah Kemenangan
Foto:

Sabar saat bertahan, sabar saat apa yang hendak dicapai belum tercapai, sabar saat belum membuahkan keberhasilan, dan sabar saat menghadapi cobaan masalah. Tabahlah dalam menghadapi itu semua.

"Dalam sabar, hendaklah tawakal, yaitu serahkan kebijaksanaan tertinggi kepada Allah, dan jangan mengeluh. Inilah yang dipusakakan kepada kita, umat Muhammad SAW, sampai akhir zaman," demikian penjelasan Buya Hamka.

Perjuangan kecil atau besar yang dilewati, hanya akan berjaya bila yang berjuang itu sabar dan tawakal. Betapa pun tingginya, mulianya, dan indahnya cita-cita, niscaya akan gagal bila tanpa sabar dan tawakal.

Di samping itu, Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan orang yang terkena musibah dengan suatu sikap yang mulia yakni sabar dan ihtisab (introspeksi). Dua hal ini akan mendatangkan keringanan dalam menghadapi kesulitan dan akan pula mendatangkan pahala.

Nabi SAW menekankan, banyak mengeluh, kesal, dan marah akan memperberat beban musibah dan menghapus pahala. Tidak ada sikap yang lebih baik saat menghadapi kesulitan, kecuali sabar. Ingatlah bahwa Allah mencintai orang-orang sabar.

"Dan betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak (menjadi) lemah karena bencana yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar." (QS Ali Imran ayat 146)

Adapun tawakal adalah pelengkap sabar. Tawakal ialah amalan hati di mana seorang hamba berserah diri atas semua cobaan kepada Allah SWT. Adanya tawakal dalam diri akan turut meringankan dalam mengatasi masalah. Sebab dengannya, seorang hamba betul-betul mengharapkan datangnya pertolongan dan kemudahan hanya dari Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement