Jumat 12 May 2023 08:32 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Amalan Penghambat Rezeki

Tidur pagi bisa jadi penghambat datangnya rezeki.

Membuka pintu rezeki. Ilustrasi. Naskah Khutbah Jumat: Amalan Penghambat Rezeki
Foto:

Ma’asyirol muslimin rahimani wa rahimakumullah …

Kedua, sedikit shalat. Sedikit shalat berarti kurang ketakwaan, padahal takwa itulah pembuka pintu rezeki. Allah SWT berfirman dalam ayat,

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا .

“Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi segala sesuatu” (QS. Ath-Thalaq: 2-3).

Ma’asyirol muslimin rahimani wa rahimakumullah …

Ketiga, bermalas-malasan. Perbuatan ini juga menjadi sebab penghambat datangnya rezki. Seorang Muslim dituntut baginya untuk bekerja keras dan tawakal kepada Allah.

Selain itu haram bagi seorang Muslim untuk hidup bermalas-malasan. Seorang beriman wajib baginya menghindarkan diri dari sifat ini.

Sifat malas merupakan sifat yang sangat bahaya. Karena itu Rasulullah melalu hadisnya mengingatkan untuk selalu berdoa agar terhindar dari sifat ini.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu berkata, Nabi berdoa:

اللهم إني أعوذ بك من الهم والحزن، والعجز والكسل، والبخل والجبن، وضلع الدين وغلبة الرجال.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegalauan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, kepengecutan dan kekikiran, tindihan utang dan penindasan orang” (HR Bukhari).

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/05/11/amalan-penghambat-rezeki/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement