Kamis 11 May 2023 05:56 WIB

Keutamaan Surat Yasin

Surat Yasin memiliki keutamaan bagi yang membacanya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Keutamaan Surat Yasin. Foto: Kaligrafi Yasin
Foto: Infografis Republika
Keutamaan Surat Yasin. Foto: Kaligrafi Yasin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat Yasin merupakan surat yang menempati urutan ke-36 dalam Alquran. Ada 83 ayat di dalam surat ini.

Keutamaan membaca surat Yasin pada malam Jumat telah banyak disampaikan oleh para ulama berdasarkan hadits nabi.

Baca Juga

Sedikitnya, ada delapan keutamaan yang dapat disampaikan.

1. Mendapat pahala sebanding dengan membaca Alquran 10 kali

Keutamaan surat Yasin yang ketiga adalah mendapatkan pahala besar dari Allah sebanding dengan pahala membaca Alquran sampai khatam sebanyak 10 kali. Hal ini berdasarkan riwayat berikut:

Dari Anas Ra. Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada hatinya (pusatnya), adapun hatinya Alquran adalah surat Yasin, dan barang siapa yang membaca surat Yasin maka Allah akan memberi pahala seperti pahala membaca Alquran 10 kali.” (HR Imam Tirmidzi dan ad-Darimi).

2. Dapat mencegah kehausan di Hari Kiamat

Dalam bukunya yang berjudul Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an terbitan Rene Islam, Muhammad Zaairul Haq menjelaskan salah satu keutamaan mengamalkan surat Yasin secara istiqamah setiap hari adalah mendapatkan karunia tidak akan kehausan kelak di Hari Kiamat.

3. Memohon sesuatu

Menurut Zaairul Haq, di dalam kitab Khazinatul Asrar disebutkan bahwa keutamaan surat Yasin adalah sebagai cara untuk memohon sesuatu. “(Dan demikian pula) surat Yasin dibaca sebanyak 41 kali untuk setiap waktu (maksudnya untuk memohon sesuatu),” tulisnya mengutip dari kitab tersebut.

4. Mempercepat terkabulnya hajat (keinginan)

Keutamaan surat Yasin yang berikutnya adalah untuk memohon hajat kepada Allah Swt. Caranya dengan membaca surat Yasin sebelum berdoa memohon hajat kepada Allah. Dalam sebuah riwayat dijelaskan, Nabi Muhammad Saw bersabda, “Barang siapa yang membaca surat Yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR Abasy Syaikhi dari Abu Hurairah).

5. Mendapatkan ampunan dan kebajikan di dunia dan akhirat

Zaaitul Haq juga menjelaskan bahwa salah satu keutamaan surat Yasin adalah mendapatkan ampunan dari Allah dan mendapatkan kebajikan di dunia dan akhirat. Sedangkan cara mengamalkannya adalah dengan membacanya minimal satu kali setiap hari secara istiqamah.

6. Mempermudah keluarnya ruh

Keutamaan surat Yasin selanjutnya adalah untuk mempermudah keluarnya ruh. Caranya dengan membaca surat Yasin ketika ada orang yang akan meninggal atau kesulitan dalam sakarul maut. Dalam sebuah riwayat dijelaskan,

“Apabila ada orang yang akan meninggal dunia, kemudian dibacakan surat Yasin, maka Allah akan memudahkan keluarhnya ruh.” (Hadits)

7. Mengobati penyakit

Surat Yasin juga dapat diamalkan untuk mengobati penyakit. Zaairul Hq kemudian menjelaskan cara pengamalannya. Pertama, menyiapkan benang dan air pada bejana sebelum membaca surat Yasin.

Kedua, kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Yasin satu kali. Ketika sampai pada lafal “mubin”, lalu buatlah ikatan benang dan tiup air di dalam bejana itu. Sedangkan lafal “mubin” dalam surat Yasin ada sebanyak tujuh.

Ketiga, setelah selesai membaca surat Yasin, kemudian air tersebut sebagain diminum dan sebagian diusapkan pada anggota yang sakit. Sedangkan benang yang diikat itu dikalungkan pada bahu kanannya.

8. Mengalahkan orang zalim

Keutamaan surat Yasin yang terakhir adalah untuk menghilangkan kejahatan orang zalim. Cara pengalamannya sendiri telah dijelaskan di dalam kitab Mujarrabat ad-Dairabi al-Kabir.                                                                                                                                                                                                                                                

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement