Selasa 09 May 2023 14:37 WIB

Enam Hadits Boleh Minum Berdiri tapi Lebih Utama Sembari Duduk

Rasulullah menganjurkan umatnya tidak minum sembari berdiri.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Seorang wanita menuang air minum ke dalam gelas (ilustrasi). Enam Hadist Boleh Minum Berdiri tapi Lebih Utama Sembari Duduk
Foto:

Keempat,

وعن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده رضي الله عنه قال : رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم

يشرب قائماً وقاعداً . رواه الترمذي وقال : حديث

Dari 'Amr bin Syu'aib dari ayahnya dari neneknya lelaki radhiyallahu anhu, katanya: "Saya melihat Rasulullah shalallahu alaihi wasalam minum sambil berdiri dan duduk. "Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah hadits hasan shahih.

Kelima,

وعن أمير رضي الله عنه عن النبي صلى الله عَلَيْهِ وسَلَّم أنه نفى أن يشرب الرجل قائماً ، قال قتادة :

فعلنا لأنى فالأكل ؟ قال : ذلك أكثر أو الحيت روانه مسلم

وفي رواية له أن النبي صلى الله عليه وسلم زجر عن الكرب قائماً.

Dari Anas radhiyallahu anhu dari Nabi shalallahu alaihi wasalam bahwasanya beliau shalallahu alaihi wasalam melarang kalau seorang itu minum sambil berdiri. Qatadah berkata: "Lalu kita bertanya kepada Anas: "Kalau makan, bagaimanakah?" Anas menjawab: "Yang sedemikian itu -yakni yang makan sambil berdiri- adalah lebih buruk atau lebih jelek." (Riwayat Muslim)

Dalam riwayat Imam Muslim yang lain disebutkan bahwa Nabi shalallahu alaihi wasalam melarang minum sambil berdiri.

Keenam,

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قالَ رَسُولُ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم : «لَا يَشْرَيَنَ أَحَدٌ مِنْكُمْ

قائماً من بين مليشية ، رواه مسلم

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, katanya: "Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda: "Janganlah sekali-kali seseorang dari engkau semua itu minum sambil berdiri, maka barangsiapa yang lupa, maka hendaklah memuntahkannya." (Riwayat Muslim).

Secara medis, dalam tubuh kita terdapat penyaring yg bernama sfringer. Dimana saringan itu membuka otomatis ketika kita duduk dan menutup otomatis ketika berdiri. Jika kita minum sambil berdiri maka air yang kita minum menjadi tidak disaring lagi karena sfringer tertutup.

Jika air yang tidak disaring itu kurang bersih, maka air yang masuk ke kandung kemih menjadi tidak disaring lagi. Hal ini bisa menyebabkan penyakit ginjal bila diminum dalam jangka panjang. Selain itu, bisa mengakibatkan pengendapan kotoran di saluran ureter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement