Senin 08 May 2023 11:15 WIB

UTBK 2023, Ini Tiga Pilihan Doa Agar Diberi Cahaya Ilmu dan Menjadi Manfaat

Selain mempersiapkan diri dengan belajar, peserta UTBK 2023 bisa membaca doa ini.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023. Ini Tiga Pilihan Doa Agar Diberi Cahaya Ilmu dan Menjadi Manfaat
Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Ilustrasi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023. Ini Tiga Pilihan Doa Agar Diberi Cahaya Ilmu dan Menjadi Manfaat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) untuk masuk ke perguruan tinggi negeri dimulai hari ini, Senin (8/5/2023), hingga 14 Mei 2023.

Selain mempersiapkan diri dengan tekun belajar, bagi Muslim juga dianjurkan mengamalkan doa agar diberi ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan dalam mengerjakan ujian.

Baca Juga

Orang-orang yang hatinya bersih dan menjauhi perbuatan maksiat akan lebih mudah menerima ilmu. Sebab sebagaimana dikatakan para ulama bahwa ilmu itu cahaya dan Allah tak akan memberikan cahaya pada orang-orang yang ahli maksiat.

Selain menjauhi kemaksiatan, untuk memperoleh ilmu dibutuhkan kesungguhan dan kesabaran. Sebab menuntut ilmu memerlukan waktu yang panjang dan menghabiskan harta.

 

Dan yang juga penting bagi penuntut ilmu adalah senantiasa berdoa kepada Allah agar diberikan cahaya ilmu, dimudahkan dalam memperolehnya, dan ketika ilmu telah diperoleh, ilmu tersebut menjadi ilmu yang bermanfaat. Berikut ini tiga pilihan doa yang bisa diamalkan peserta UTBK 2023 agar memperoleh cahaya ilmu dan ilmu yang manfaat.

Doa Agar Diberikan Cahaya Kepahaman

اللَّهُمَّ أَخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَأَكْرِمْنَا بِنُورِ الْفَهْمِ وَفَتَحَ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهَّلَ لَنَا أَبْوَابَ فَضْلِكَ

Allahumma akhrijna min dzulumatil qaumi wa akrimna binuril Fahmi waftah 'alaina bima'rifatika wa Sahala lna abuwa fadlik

"Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan dan muliakan kami dengan cahaya kepahaman, bukanlah kami ilmu pengetahuan, dan mudahkanlah kami pintu-pintu anugerah-Mu."

Selanjutnya, doa diberi ilmu dan masuk golongan orang saleh...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement