Sabtu 06 May 2023 16:45 WIB

Malaikat Jibril Usir Setan yang Goda Manusia Ketika akan Meninggal

Setan berupaya agar manusia meninggal dalam keadaan buruk.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Malaikat Jibril Usir Setan yang Goda Manusia Ketika akan Meninggal. Foto:  Foto: Ilustrasi malaikat
Foto: Blogspot
Malaikat Jibril Usir Setan yang Goda Manusia Ketika akan Meninggal. Foto: Foto: Ilustrasi malaikat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Telah dijelaskan dalam tulisan sebelumnya sebagaimana dikutip dalam kitab At Tadzkirah tentang upaya setan  menyesatkan manusia ketika sedang menghadapi sakaratul maut. Setan-setan akan menyerupai orang-orang yang dicintai orang yang meninggal itu lalu mengajak agar berpindah agama ke Nasrani atau Yahudi. 

Akan tetapi, upaya setan itu akan gagal total ketika berhadapan dengan orang-orang yang beriman yang mendapatkan perlindungan dan rahmat dari Allah SWT. Dalam lanjutan keterangan Imam Qurthubi dalam kitab At Tadzkirah ketika membahas tentang datangnya setan pada orang yang meninggal, beliau menjelaskan bahwa ketika Allah SWT ingin memberikan pada seorang hamba ketetapan hati, maka Allah akan menurunkan rahmat kepada hamba tersebut. 

Baca Juga

Di antara rahmat pada hambaNya yang sedang menghadapi sakaratul maut itu adalah diturunkannya malaikat Jibril untuk melindungi hamba yang akan meninggal itu dari tipu daya dan godaan setan. Malaikat Jibril lalu mengusir setan-setan yang berupaya menyesatkan.

فإذا أراد الله بعبده هداية و تثبيتا جاءته الرحمة، وقيل هو جبريل عليه السلام فيطرد عنه الشياطين ويمسح الشحوب عن وجهه فيتبسم الموت لا محالة، 

Apabila Allah ingin memberi seorang hamba hidayah atau ketetapan hati maka Dia akan menurunkan rahmat kepada hamba tersebut. Dan ada yang mengatakan bahwa rahmat yang diturunkan Allah itu adalah berupa malaikat Jibril yang datang untuk mengusir setan dari hamba tersebut, sehingga hamba itupun menjadi gembira dan tersenyum. 

Orang-orang yang beriman dan mendapatkan rahmat Allah akan merasakan kegembiraan dan senang ketika malaikat Jibril mengusir setan-setan itu. Sehingga orang tersebut mati dalam keadaan mukmin dan muslim. 

وكثيرا من يرى متبسما في هذا المقام فرحا بالبشير الذي جاءه من الله، فيقول : يا فلان أما تعرفني؟ أنا جبريل وهؤلاء أعداؤك من الشياطين مت على الملة الحنيفية والشريعة الجليلة، 

Banyak yang berpendapat bahwa yang menyebabkan hamba itu tersenyum karena dia gembira dengan kabar gembira yang datang dari Allah. Jibril berkata kepadanya: 'ya Fulan apakah kamu mengenalku?  Aku adalah Jibril dan mereka adalah setan yang merupakan musuh-musuhmu. Oleh sebab itu, kamu hendaknya mati dalam keadaan memeluk agama yang lurus (Islam)'. 

Dijelaskan bahwa sesuatu yang paling disukai oleh seorang hamba yang akan meninggal dunia adalah kedatangan malaikat Jibril yang membawa kabar gembira untuknya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement