Jumat 05 May 2023 06:19 WIB

Keistimewaan Kalimat Tasbih

Malaikat selalu bertasbih dengan mengagungkan Allah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi bertasbih.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi bertasbih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tasbih merupakan salah satu dari empat kalimat yang paling dicintai oleh Allah ta’ala. Begitu banyak dalil baik dalam Alquran maupun Sunnah yang menggambarkan keutamaan kalimat ini.

"Bahkan di dalam Alquran, kalimat tasbih disebutkan lebih dari delapan puluh kali. Allah juga menceritakan bahwa para makhluk-Nya, dengan sekian ragamnya, mereka bertasbih kepada-Nya. Para malaikat, para nabi, kaum mukminin, binatang bahkan hingga benda mati," kata Pengasuh pesantren Tunas Ilmu Purbalingga sekaligus dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah Imam Syafi'i Jember, Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA melalui pesan Telegram.

Baca Juga

Tentang malaikat, Allah berfirman,

"يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ".

“Mereka (para malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang”. (QS. Al-Anbiya’ ayat 20).

Kepada Rasulullah shallallahu’laihiwasallam Allah memerintahkan,

"فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ . وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ".

“Bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud (shalat). Dan sembahlah Rabbmu sampai yakin (ajal) datang kepadamu”. (QS. Al-Hijr ayat 98-99).

Kaum mukminin, Allah ceritakan sifat mereka,

"إِنَّمَا يُؤْمِنُ بِآيَاتِنَا الَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِهَا خَرُّوا سُجَّدًا وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ".

“Sesungguhnya orang-orang yang benar-benar beriman kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang ketika diingatkan dengan ayat-ayat Alquran, mereka merunduk bersujud seraya bertasbih dengan memuji Rabb mereka. Mereka juga tidak bersikap sombong”. (QS. As-Sajdah ayat 15).

Ustadz Abdullah mengatakan, tidak ketinggalan para hewan dan benda mati pun bertasbih kepada Allah ta’ala. Dalam Alquran disebutkan:

"أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالطَّيْرُ صَافَّاتٍ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلَاتَهُ وَتَسْبِيحَهُ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ".

“Tidakkah engkau (Muhammad) mengetahui bahwa kepada Allah-lah bertasbih apa yang di langit dan di bumi, dan juga burung yang mengembangkan sayapnya. Masing-masing sungguh telah mengetahui (cara) berdoa dan bertasbih. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan”. (QS. An-Nur ayat 41).

"تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَالْأَرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَكِنْ لَا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا".

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kalian tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun”. (QS. Al-Isra’ ayat 44)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement