Senin 24 Apr 2023 10:43 WIB

Doa Agar Diberikan Jodoh dan Keturunan

Doa minta jodoh dan keturunan pernah dipanjatkan Nabi Zakariya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Doa Agar Diberikan Jodoh dan Keturunan. Foto:  Ilustrasi Pernikahan
Foto: Pixabay
Doa Agar Diberikan Jodoh dan Keturunan. Foto: Ilustrasi Pernikahan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Alquran adalah petunjuk bagi umat manusia, di dalamnya terkandung banyak ilmu pengetahuan. Di dalam Alquran juga terdapat ayat-ayat yang bisa dijadikan kalimat-kalimat doa untuk memohon kepada Allah SWT.

Sebagai contohnya, Surah Al-Anbiya' Ayat 89 bisa dijadikan doa untuk memohon jodoh dan keturunan yang baik kepada Allah SWT.

Baca Juga

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ

Artinya, "Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidupku seorang diri, dan Engkaulah pewaris yang paling baik."

Doa tersebut dikutip dari Ayat 89 Surah Al-Anbiya', pada ayat ini dikisahkan Nabi Zakaria berdoa kepada Allah SWT agar tidak hidup seorang diri. Kemudian Allah SWT mengabulkan doanya dan menganugerahkan seorang putra yang dikenal sebagai Nabi Yahya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ ۚ

(Ingatlah) Zakaria ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan), sedang Engkau adalah sebaik-baik waris.494) (QS Al-Anbiya': 89)

فَاسْتَجَبْنَا لَهٗ  ۖوَوَهَبْنَا لَهٗ يَحْيٰى وَاَصْلَحْنَا لَهٗ زَوْجَهٗۗ اِنَّهُمْ كَانُوْا يُسٰرِعُوْنَ فِى الْخَيْرٰتِ وَيَدْعُوْنَنَا رَغَبًا وَّرَهَبًاۗ وَكَانُوْا لَنَا خٰشِعِيْنَ

Maka, Kami mengabulkan (doa)-nya, menganugerahkan Yahya kepadanya, dan menjadikan istrinya (dapat mengandung). Sesungguhnya mereka selalu bersegera dalam (mengerjakan) kebaikan dan berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami. (QS Al-Anbiya': 90)

Pada ayat 89 Surah Al-Anbiya, Allah mengarahkan perhatian Nabi Muhammad SAW dan umatnya kepada kisah Nabi Zakaria. Karena ia tidak mempunyai anak, maka ia merasa kesepian dan tidak mempunyai seorangpun keturunan yang akan menggantikan dan melanjutkan perjuangannya jika ia telah meninggal dunia. Sebab itu ia berdoa kepada Allah agar Dia tidak membiarkannya hidup tanpa keturunan.

Pada akhir ayat ini disebutkan ucapan Nabi Zakaria setelah ia mengucapkan doanya itu. Lalu ia berkata, “Dan Engkau adalah ahli waris yang paling baik?” Maksudnya adalah bahwa jika Allah menghendaki tidak akan menganugerahkan keturunan kepadanya, maka ia pun rela dan tidak berkecil hati, karena ia yakin bahwa Allah akan tetap memelihara agamanya, dan tidak akan menyia-nyiakan agamanya dan Allah tentu akan memilih orang yang paling tepat sebagai pengganti Zakaria setelah wafatnya. Kisah ini telah dibahas lebih luas dalam Surah Ali ‘ImrAn dan Surah Maryam.

Selanjutnya Ayat 90 Surah Al-Anbiya, menjelaskan bahwa Allah telah memperkenankan doa Nabi Zakaria, dan mengaruniakan kepadanya seorang putra bernama Yahya. Untuk itu, Allah telah mengaruniakan kesehatan yang baik kepada istri Zakaria, sehingga memungkinkan untuk mengandung, padahal sebelum itu ia adalah perempuan yang mandul.

Pada lanjutan ayat ini Allah menjelaskan alasan-Nya mengabulkan permohonan Nabi Zakaria. Itu karena mereka (Nabi Zakaria dan istrinya) senantiasa bersegera dalam berbuat kebajikan, terutama dalam memelihara keturunan dengan sebaik-baiknya. Selain itu juga, karena senantiasa berdoa kepada Allah dengan hati yang harap-harap cemas, harap akan ampunan Tuhan dan cemas terhadap kemurkaan dan siksaan Allah. Alasan lainnya karena mereka selalu khusyuk dan tawadu’ kepada-Nya, dan tidak pernah sombong atau takabur dan mengingkari karunia-Nya. Jadi, sifat-sifat yang mulia itulah yang menyebabkan mereka memperoleh karunia dari Allah SWT.

Dikutip dari Tafsir Kementerian Agama dan buku Kumpulan Doa Sehari-Hari yang dipublikasikan Subdit Publikasi Dakwah dan HBI pada Kementerian Agama, 2013.

photo
Infografis baiat sahabat di hadapan Nabi Muhammad - (Dok Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement