Selasa 18 Apr 2023 07:09 WIB

Doa Mohon Ampunan dari Segala Dosa

Hamba yang mau bersungguh-sungguh bertobat pasti akan mendapatkan ampunan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Doa Mohon Ampunan dari Segala Dosa
Foto: Republika.co.id
Doa Mohon Ampunan dari Segala Dosa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hamba yang mau bersungguh-sungguh bertobat pasti akan mendapatkan ampunan Allah SWT. Sebab maghfirah (ampunan) Allah SWT sangat luas bagi hambaNya yang bertobat. Karena itu sebanyak dan sebesar apapun kesalahan yang pernah diperbuat, jangan sampai menjadikan diri putus asa terhadap maghfirah-Nya.

 

Baca Juga

Ada sebuah doa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada umatnya agar Allah SWT memberikan ampunan terhadap setiap dosa yang pernah diperbuat. Doa ini dinukil dari hadits riwayatkan Imam Bukhari dalam sahihnya. Berikut doanya.

Doa Mohon Ampunan dari Segala Dosa

 

 

رَبِّ اغْفِرْ لِي خَطِيئَتِي وَجَهْلِي وَإِسْرَافِي فِي أَمْرِي كُلِّهِ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي خَطَايَايَ وَعَمْدِي وَجَهْلِي وَهَزْلِي وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِي اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

 

Robbighfir liy wakhothiyatiy wajahliy wasroofiy fiy amriy kullahi wa maa anta a'lamu bihi minniy. Allahummaghfir liy khothooyaa ya wa'amdiy wa jahliy wahazliy wa kullu dzalika 'indiy, Allahummaghfir liy maa qoddamtu wa maa akhortu wa maa asrortu wa maa a'lamtu antal muqoddam wa antal muakhor wa antal 'ala kulli syaiin qodir.

 

Ya Allah, ampunilah kesalahan, kebodohan, dan perbuatanku yang terlalu berlebihan dalam urusanku, serta ampunilah kesalahanku yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kemalasanku, kesengajaanku, kebodohanku, gelak tawaku yang semua itu ada pada diriku. Ya Allah, ampunilah aku atas dosa yang telah berlalu, dosa yang mendatang, dosa yang aku samarkan, dosa yang aku perbuat dengan terang-terangan dan dosa yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku, Engkaulah yang mengajukan dan Engkaulah yang mengakhirkan, serta Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement