Rabu 05 Apr 2023 10:30 WIB

Doa Agar tak Didekati Setan

Doa ini terdapat pada Alquran surat Al Mu'minun ayat 97-98.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Siluet seorang nelayan berdoa setelah melaksanakan shalat Isya di atas kapal saat bulan puasa Ramadhan, di Karachi, Pakistan, (27/3/2023).
Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER
Siluet seorang nelayan berdoa setelah melaksanakan shalat Isya di atas kapal saat bulan puasa Ramadhan, di Karachi, Pakistan, (27/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setan akan terus menggoda manusia hingga kiamat, sehingga manusia tersesat dan jauh dari Allah SWT. Setan membisikan pada manusia was-was dan mendorong manusia agar menuruti hawa nafsunya. Tetapi orang-orang yang memiliki keimanan yang kuat serta selalu memohon perlindungan Allah SWT akan terhindar dari bisikan-bisikan setan. 

Ada sebuah doa yang diajarkan Allah SWT kepada Rasulullah agar terlindung dari bisikan atau bujuk rayu setan. Doa ini terdapat pada Alquran surat Al Mu'minun ayat 97-98. Berikut doanya: 

Baca Juga

رَّبِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزٰتِ الشَّيٰطِيْنِ . وَاَعُوْذُ بِكَ رَبِّ اَنْ يَّحْضُرُوْنِ

Robbi a'udzubika min hamazatis syayaathiyn wa a'udzubika robbi ayahdhuruun

Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, agar mereka tidak mendekati aku

Setan amat mudah sekali menjerumuskan manusia ke jurang kesalahan, penghinaan dan kejahatan apabila ia dapat memasuki hawa nafsu manusia. Karena itu hendaklah kita selalu berlindung kepada Allah dari tipu daya setan.  

Rasulullah selalu berlindung kepada Allah supaya dijauhkan dari campur tangan setan dalam segala perbuatannya terutama dalam sholat ketika membaca Alquran dan pada saat ajalnya akan tiba.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari jalur ‘Amr bin Syu‘aib dan ayahnya dari kakeknya ia berkata, “Rasulullah saw mengajarkan kepada kami beberapa kata-kata (doa) pada waktu akan tidur:

بِاسْمِ اللهِ اَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَاَنْ يَحْضُرُوْنِ (رواه احمد وابو داود والترمذي)

Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemurkaan-Nya, dari siksa-Nya. Dari kejahatan hamba-Nya, dari bisikan-bisikan setan dan dari kahadiran setan kepadaku. (Riwayat Ahmad, Abu Daud, dan Tirmidzi)

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement