Senin 27 Mar 2023 06:31 WIB

Doa Dilimpahkan Kesabaran

Penting untuk memanjatkan doa agar diberikan kesabaran.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa Dilimpahkan Kesabaran. Foto: Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Doa Dilimpahkan Kesabaran. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesabaran sangat diperlukan dalam setiap melakukan pekerjaan apapun. Sebab dengan sabar seseorang akan terhindar dari putus asa dan kegagalan dari mencapai tujuan. Misalnya dalam berdakwah, sifat sabar perlu dimiliki setiap da'i dalam menyeru mad'u untuk melakukan kebaikan dan menyeru untuk mencegah kejahatan. Dengan sifat sabar itu maka tujuan dakwah akan tercapai. Sementara da'i yang hilang sifat sabarnya tidak akan mencapai keberhasilan dalam mencapai tujuan dakwah.

Selain sabar dalam dakwah juga dibutuhkan tekad yang kokoh. Dengan tekad yang kokoh, akan membuat da'i tidak akan gentar menghadapi berbagai tantangan dalam perjalanan dakwahnya. Terlebih ketika menghadapi orang-orang kafir yang kerap menghujat atau menyerang Islam. 

Baca Juga

Dan karena itu penting juga untuk memanjatkan doa agar diberikan kesabaran dan hati yang kukuh atau teguh. Berikut doanya yang terdapat pada surat Al Baqarah ayat 250. 

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir

Doa ini sangat cocok untuk para da'i. Kedati demikian doa ini bisa dibaca oleh siapapun agar Allah SWT melimpahkan kesabaran dan keteguhan dalam menjalani kehidupan. Serta agar terus mendapat perlindungan dan pertolongan Allah SWT dari setiap upaya buruk orang-orang kafir yang jahat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement