Jumat 10 Mar 2023 04:00 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Lima Organ Tubuh

Menundukkan pandangan bisa menyucikan hati dan memperbanyak ketaatan.

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Lima Organ Tubuh
Foto:

Jama’ah jum’at yang berbahagia

Kelima, menjaga perut. Kedudukan perut sangat krusial dalam tubuh manusia.

Ia merupakan tempat berlabuh nutrisi yang dimasukkan ke tubuh. Makanan halal, syubhat, maupun haram masuk semuanya ke perut dan pada akhirnya mempengaruhi orang yang memakannya. Makanan haram yang masuk ke perut bisa menyebabkan orang masuk neraka, sebagaimana dalam surat an-nisa’ ayat 10 disebutkan:

اِنَّ الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ اَمْوَالَ الْيَتٰمٰى ظُلْمًا اِنَّمَا يَأْكُلُوْنَ فِيْ بُطُوْنِهِمْ نَارًا ۗ وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيْرًا

“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).”

Oleh sebab itu, penting bagi kita memeriksa apa yang kita makan. Dari mana makanan berasal dan kandungan apa yang terdapat dalam makanan tersebut. Karena makanan halal yang kita konsumsi akan mendatangkan keberkahan dan manfaat.

Demikian lima anggota tubuh yang harus kita jaga untuk meningkatkan takwa kita kepada Allah SWT. Karena lima anggota tubuh di atas bisa menjadikan kita rugi apabila tidak menjaganya, bisa pula menjadikan kita termasuk orang-orang yang bertakwa dengan cara menjaga dengan baik.

بارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ الله الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْمِ

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/03/02/menjaga-lima-organ-tubuh/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement