Jumat 10 Mar 2023 04:00 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Lima Organ Tubuh

Menundukkan pandangan bisa menyucikan hati dan memperbanyak ketaatan.

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Lima Organ Tubuh
Foto:

Menundukkan pandangan bisa menyucikan hati dan memperbanyak ketaatan. Apabila tidak melaksanakannya, maka potensi untuk melihat yang haram bisa muncul, yang mana itu merupakan dosa. Dalam sebuah riwayat disebutkan “Apabila seorang hamba melihat yang haram, maka hatinya akan tertutup sebagaimana makanan yang tertutup dalam sebuah wadah, artinya hatinya tidak akan bermanfaat.

Apabila ia banyak melihat hal yang mubah maka hati akan dipenuhi bisikan untuk lalai terhadap hal tersebut, sehingga hatinya akan disibukkan terhadap hal yang mubah itu dan terputus dari kebaikan. Apabila ia tidak melihat keduanya dalam artian selalu ghaddul bashar, maka hatinya akan tentram.

Jama’ah jum’at yang berbahagia

Kedua adalah menjaga telinga. Kita diperintahkan untuk menjaga telinga dari perkataan yang keji dan perkataan yang sia-sia.

Telinga merupakan tempat masuknya informasi dari orang yang berkata. Sehingga perkataan yang baik bisa masuk melalui terlinga, dan bisikan keji juga bisa diterima oleh telinga.

Oleh sebab itu pandai-pandailah bagi kita untuk memilih tempat yang di sekelilingnya terdapat ucapan baik, seperti majelis taklim, masjid, dan memperbanyak murottal. Sebisa mungkin jauhi tempat yang banyak terdapat ucapan buruk, yaitu kumpulan orang yang sedang ghibah, tempat musik jahiliyah, dan lainnya.

Ketiga, menjaga lisan. Menjaga lisan sangat urgen dalam kehidupan sehari-hari, bahkan kita harus mengikat dan menutupnya dikarenakan besarnya akibat yang bisa disebabkan oleh lisan seperti kerusakan dan permusuhan.

Rasulullah SAW pernah ditanya sahabat tentang bahayanya lisan, “apa yang paling engkau takutkan untukku?” kemudian beliau menjawab sambil memegang lisannya: “ini”.

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/03/02/menjaga-lima-organ-tubuh/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement