Jumat 24 Feb 2023 08:15 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Membumikan Pesan Universal Isra Mi'raj

Kewajiban sholat bersifat mutlak.

Ilustrasi jamaah shalat wanita. Naskah Khutbah Jumat: Membumikan Pesan Universal Isra Mi'raj
Foto: EPA/Ben Hajan
Ilustrasi jamaah shalat wanita. Naskah Khutbah Jumat: Membumikan Pesan Universal Isra Mi'raj

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Cristoffer Veron P

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن. أَمَّا بَعْدُ

Baca Juga

قال الله تعالى سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

 

 

Saudara-Saudara yang Budiman

Alhamdulllah, kita patut bersyukur sampai detik sekarang di tanah bumi yang dipijak, kita masih bisa hidup dan menghirup udara nan segar. Bersamaan dengan itu, kita bersyukur tubuh yang tercipta dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk ini masih tampak sehat dan vit. Itu semua bersumbu pada percikan nikmat dari Allah–utamanya nikmat sehat–yang ditebarkan di petala semesta untuk makhluk terkasih-Nya.

Shalawat dan salam kita limpahkan kepada junjungan Rasulullah Muhammad Saw. Sosok yang paling suci yang memancarkan nur benderang, menjadikan dirinya layak untuk kita petik mosaik-mosaik keteladanannya. Dengan harapan dapat terlahir sebagai manusia pembawa suluh pencerah bagi kehidupan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Saudara-Saudara yang Budiman

Tibalah kita pada akhir Bulan Rajab. Adalah niscaya bulan yang dimuliakan oleh Tuhan Sarwa sekalian alam. Bulan di mana banyak jagat insan di muka bumi menengadahkan tangan seraya berdoa, “Ya Allah berkailah kami di Bulan Rajab dan Syakban. Sampaikanlah umur kami hingga dapat bersua dengan bulan suci Ramadan”.

Selain itu, bulan tersebut memuat rekam jejak kisah perjalanan spiritual yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw sebagai salah satu perjalanan amat penting untuk kita petik nilai pengajaran dan pelajaran nan sarat makna.

Itulah Isra Mikraj. Khusus di Indonesia, setiap Isra Mikraj tiba, ditetapkan sebagai hari libur nasional. Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022, dan Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Untuk tahun ini, Isra Mikraj akan jatuh pada esok hari Sabtu, 18 Februari 2023 M bertepatan 27 Rajab 1444 H.

Tentu bagi umat Islam, sangat bergembira karena bisa menikmati libur ganda. Tetapi bersamaan dengan hal itu, penting juga kiranya umat Islam mengetahui kisah dan mengambil butiran pesan universal dari kisah Isra Mikraj untuk selanjutnya dibumikan serta dibingkai dalam kehidupan.

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/02/16/membumikan-pesan-universal-isra-mikraj/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement