Senin 20 Feb 2023 13:11 WIB

Allah Membanggakan Peserta Majelis Taklim yang Berdzikir

Peserta majelis taklim yang berdzikir dibanggakan Allah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Allah Membanggakan Peserta Majelis Taklim yang Berdzikir. Foto:  Pengajian Majelis Taklim (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Allah Membanggakan Peserta Majelis Taklim yang Berdzikir. Foto: Pengajian Majelis Taklim (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan bahwa Allah SWT membanggakan orang-orang yang berkumpul dalam sebuah majelis taklim yang melakukan dzikir. Yakni orang yang mengingat Allah SWT dan memuji-Nya atas hidayah-Nya berupa Islam dan anugerah-Nya kepada mereka.

Hadist yang diriwayat oleh Imam Abd al-Husain Muslim ibn al-Hajjaj ibn Muslim ibn Qusyairi an-Naisyaburi atau Imam Muslim ini menjelaskan peserta majelis taklim yang berdzikir dibanggakan oleh Allah SWT d depan para malaikat.

Baca Juga

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا مَرْحُومُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ عَنْ أَبِي نَعَامَةَ السَّعْدِيِّ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ خَرَجَ مُعَاوِيَةُ عَلَى حَلْقَةٍ فِي الْمَسْجِدِ فَقَالَ مَا أَجْلَسَكُمْ قَالُوا جَلَسْنَا نَذْكُرُ اللَّهَ قَالَ آللَّهِ مَا أَجْلَسَكُمْ إِلَّا ذَاكَ قَالُوا وَاللَّهِ مَا أَجْلَسَنَا إِلَّا ذَاكَ قَالَ أَمَا إِنِّي لَمْ أَسْتَحْلِفْكُمْ تُهْمَةً لَكُمْ وَمَا كَانَ أَحَدٌ بِمَنْزِلَتِي مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقَلَّ عَنْهُ حَدِيثًا مِنِّي وَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ عَلَى حَلْقَةٍ مِنْ أَصْحَابِهِ فَقَالَ مَا أَجْلَسَكُمْ قَالُوا جَلَسْنَا نَذْكُرُ اللَّهَ وَنَحْمَدُهُ عَلَى مَا هَدَانَا لِلْإِسْلَامِ وَمَنَّ بِهِ عَلَيْنَا قَالَ آللَّهِ مَا أَجْلَسَكُمْ إِلَّا ذَاكَ قَالُوا وَاللَّهِ مَا أَجْلَسَنَا إِلَّا ذَاكَ قَالَ أَمَا إِنِّي لَمْ أَسْتَحْلِفْكُمْ تُهْمَةً لَكُمْ وَلَكِنَّهُ أَتَانِي جِبْرِيلُ فَأَخْبَرَنِي أَنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يُبَاهِي بِكُمْ الْمَلَائِكَةَ

Abu Sa'id Al Khudri berkata: Pada suatu hari Mu'awiyah melewati sebuah halaqah (majelis) di masjid. Kemudian ia bertanya: Majelis apakah ini? Mereka menjawab: Kami duduk di sini untuk berzikir kepada Allah Azza wa Jalla.

 

Mu'awiyah bertanya lagi: Demi Allah, benarkah kalian duduk-duduk di sini hanya untuk itu? Mereka menjawab: Demi Allah, kami duduk hanya untuk itu.

Kata Mu'awiyah selanjutnya: Sungguh saya tidak menyuruh kalian bersumpah karena mencurigai kalian. Karena tidak ada orang yang menerima hadits dari Rasulullah SAW yang lebih sedikit daripada saya. Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah melewati halaqah para sahabatnya.

Kemudian Rasulullah SAW bertanya: Majelis apa ini? Mereka menjawab: Kami duduk untuk berdzikir kepada Allah dan memuji-Nya atas hidayah-Nya berupa Islam dan anugerah-Nya kepada kami.

Rasulullah SAW bertanya lagi: Demi Allah, apakah kalian duduk di sini hanya untuk ini? Mereka menjawab: Demi Allah, kami duduk-duduk di sini hanya untuk ini.

Kata Rasulullah selanjutnya: Sungguh aku menyuruh kalian bersumpah bukan karena mencurigai kalian. Tetapi karena aku pernah didatangi Jibril Alaihissalam. Kemudian ia memberitahukan kepadaku bahwasanya Allah Azza wa Jalla membanggakan kalian di hadapan para malaikat. (HR Muslim).

Di masa kini khususnya di Indonesia, banyak majelis di masjid-masjid yang dihadiri ibu-ibu, bapak-bapak bahkan para remaja. Secara umum kegiatan mereka dalam majelis itu untuk menambah ilmu dan keyakinan agama Islam.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement