Jumat 03 Feb 2023 09:00 WIB

Enam Tips agar Ibadah pada Bulan Rajab Meningkat Hadapi Ramadhan

Bulan Rajab dan Ramadhan termasuk bulan yang penting dalam Islam.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
 Enam Tips Agar Ibadah di Bulan Rajab Meningkat Hadapi Ramadhan. Foto: Ilustrasi: Masjid tempat ibadah umat Muslim.
Foto: Anadolu Agency
Enam Tips Agar Ibadah di Bulan Rajab Meningkat Hadapi Ramadhan. Foto: Ilustrasi: Masjid tempat ibadah umat Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Rajab adalah waktu yang sangat penting setiap tahun. Itu artinya tamu istimewa yang dinanti, yakni Ramadhan sudah dekat.

Pada bulan ini, umat Islam dapat melakukan banyak perbuatan baik untuk memberi manfaat dan mempersiapkan tamu istimewa. Melansir laman aboutislam.net, enam tips yang dapat dilakukan agar ibadah pada bulan Rajab meningkat.

Baca Juga

Pertama, Fokuskan niat. Untuk mempersiapkan Ramadhan dengan baik, semua orang harus fokus dalam niatnya untuk mempersiapkan mental dan fisik.

Kedua, bertobat dan memaafkan. Semua orang memiliki dosa, untuk itu kita semua harus berjuang untuk tobat nasuha. Dan tidak menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang terjadi.

 

Namun, tetaplah memohon ampun kepada Allah, agar bisa memulai Ramadhan dengan hati yang terasa ringan dan kuat untuk beribadah dengan baik. Juga, cobalah untuk memaafkan orang lain atas kesalahan yang mereka lakukan, sehingga hati kita tidak memiliki dendam atau sakit hati dan bebas menikmati ibadah pada bulan Ramadhan.

Ketiga, menambah puasa sunnah. Tidak ada riwayat shahih dari Nabi ataupun para sahabat yang menyatakan bahwa puasa Rajab memiliki keutamaan khusus. Puasa yang sama disyariatkan seperti pada bulan-bulan lainnya, misalnya Senin dan Kamis dan tiga hari pertengahan bulan Islam atau puasa bergantian hari.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mempersiapkan mental dan fisik selain menambah puasa sunnah. Jadi jika kita belum pernah berpuasa pada hari Senin atau Kamis, mulailah setidaknya satu hari dalam seminggu.

Keempat, mulai berlatih untuk mengendalikan hawa nafsu. Mulailah melatih diri untuk melawan dengan tidak menuruti keinginan nafsu. Makan malam sederhana pada akhir pekan, misalnya, atau hindari biskuit dan permen sebagai gantinya. Ini akan mengatur diri untuk mengontrol nafsu pada bulan Ramadhan.

Kelima, lebih banyak berbuat baik. Di bulan suci ini lakukanlah amal dengan niat untuk menyenangkan Allah. Pikirkan tentang perbuatan baik yang dapat kita lakukan. Bantu seseorang, masak untuk seseorang, berikan pujian, buat ibumu tersenyum, bahkan berusaha menjauhi kebiasaan buruk (seperti terlalu banyak menonton televisi).

Keenam, perbanyak berdoa. Mintalah ampunan kepada Allah dan semoga kita diberkati untuk mencapai Ramadhan. Mintalah kepada Allah untuk menerima Ramadhan yang telah berlalu.

Sumber:

https://aboutislam.net/reading-islam/understanding-islam/6-spiritual-productivity-tips-to-help-you-benefit-from-rajab/

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement