Doa Selamat dari Hasad, Bisa Dibaca Saat Malam Jumat

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 19 Jan 2023 09:24 WIB

Doa Selamat dari Hasad, Bisa Dibaca Saat Malam Jumat Foto: Thoudy Badai/Republika Doa Selamat dari Hasad, Bisa Dibaca Saat Malam Jumat

Malam Jumat juga merupakan waktu yang istimewa dan dianjurkan berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sama seperti hari Jumat, malam Jumat juga merupakan waktu yang istimewa dan paling mulia di antara malam di hari-hari lainnya. Sehingga memperbanyak amalan, terutama doa-doa baik sangat dianjurkan di waktu ini dengan harapan dijawab dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Dalam sebuah hadist, hari Jumat sangat diistimewakan. Nabi bersabda:

Baca Juga

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

Artinya: “Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim).

Dilansir dari Mostajab, menjadi sangat baik bagi seorang Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak doa kepada-Nya. Adapun doa yang direkomendasikan untuk dibaca saat malam Jumat adalah sebagai berikut.

Doa selamat dari hasad (dengki)

رَبِّ أَعِنِّي وَلَا تُعِنْ عَلَيَّ، وَانْصُرْنِي وَلَا تَنْصُرْ عَلَيَّ، وَامْكُرْ لِي وَلَا تَمْكُرْ عَلَيَّ، وَاهْدِنِي وَيَسِّرِ الهُدَى إِلَيَّ، وَانْصُرْنِي عَلَى

مَنْ بَغَى عَلَيَّ، رَبِّ اجْعَلْنِي لَكَ شَكَّارًا، لَكَ ذَكَّارًا، لَكَ رَهَّابًا لَكَ, مِطْوَاعًا إِلَيْكَ مُخْبِتًا أَوَّاهاً مُنِيبًا، رَبِّ تَقَبَّلْ تَوْبَتِي،

وَاغْسِلْ حَوْبَتِي، وَأَجِبْ دَعْوَتِي، وَثَبِّتْ حُجَّتِي، وَاهْدِ قَلْبِي،

Latin: Robbi a’inni wa la tu’in ‘alayya, wanshurni wa la tanshur ‘alayya, wamkurlii wa la tamkur ‘alayya, wahdini wa yassiril huda ilayya, wanshurni ‘ala man baghoo ‘alayya, robbij’alni laka syakkaron laka zakkaron laka rohhaban laka mithwa-‘an ilaika mukhbitan awwahan muniban, robbi taqobbal tawbati, waghsil hawbati, wa ajib da’wati, wa tsabbit hujjati, wahdi qolbi, wa saddid lisani, waslul sakhimata amri.

Artinya: "Wahai Tuhan-Ku, tolonglah diriku, dan janganlah Engkau sia-siakan aku. Belalah aku, dan janganlah Engkau biarkan aku. Selamatkanlah aku dari tipu daya, dan janganlah Engkau perdayai aku. Berilah kepadaku hidayah dan mudahkanlah bagiku hidayah itu, menangkanlah aku atas orang berbuat aniyaya terhadap diriku. Tuhan-ku, jadikanlah diriku sebagai orang yang besyukur kepada-Mu, orang yang selalu mengingat-Mu, orang yang takut kepada-Mu, orang yang taat kepada-Mu. Kepada-Mu aku bersimpuh, kepada-Mu aku merintih dan bertobat. Wahai Tuhan-ku, terimalah tobatku, hapuskanlah kesalahanku, terimalah doaku, berilah hatiku petunjuk, kuatkanlah lisanku, tetapkanlah pendirianku, hilangkanlah kedengkian hatiku."

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...