Jumat 06 Jan 2023 08:51 WIB

Doa Habib Ali Simtud Duror Memohon Hidayah Allah

Doa Habib Ali ini disusun dengan menggunakan Bahasa Arab yang indah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy nasrun
Ilustrasi orang berdoa
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Ilustrasi orang berdoa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang Muslim harus dapat mengetahui dan menunaikan apa saja yang menjadi hak Allah, hak Rasulullah dan hak sesama Muslim atau pun sesama manusia. Dengan begitu, ia akan menjadi hamba yang berhasil membangun hubungan vertikal kepada Allah (habluminallah) dan juga sukses membanhun hubungan horizontal (habluminannas). 

Seorang hamba harus mengetahui bahwa Allah SWT mempunyai hak untuk disembah makhlukNya, diagungkan asma-Nya, ditaati setiap perintah dan laranganNya, dan tidak menyekutukanNya dengan sesuatu apapun. Maka setelah itu seorang hamba menunaikannya dengan beribadah kepada Allah SWT secara sungguh-sungguh, sekuat tenaga menjalankan perintahNya dan menjauhi larangan-Nya. 

Selain itu sebagai umat Rasulullah SAW, maka setiap Muslim juga perlu mengetahui hak dari nabi Muhammad SAW atas umatnya. Yaitu hak untuk ditaati perintah dan laranganya, diteladai akhlaknya, dicintai serta dibela sunahnya, dicintai keluarga dan sahabat serta keturunannya. Begitu juga dengan hak Muslim lainya, seperti mengucapkan salam ketika berjumpa, menghadiri undangannya, memberikan nasihat padanya, mendoakannya, mengunjunginya ketika sakit, mengantarkan jenazahnya dan masih banyak lagi lainnya.

Karena itu Muallif Simtud Durar Habib Ali Al Habsyi mengajarkan sebuah doa agar mendapat petunjuk dan kekuatan dari Allah SWT untuk dapat menunaikan setiap apa yang menjadi hak Allah, hak Rasulullah dan sesama Muslim. 

Doa ini dapat ditemukan dalam Biografi Habib Ali Al Habsyi Muallif Simtud Durar yang disusun Habib Husein Anis Al Habsyi dan diterbitkan Pustaka Zawiyah. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ عَرِّفْنِي حَقَّكَ وَوَفِّقْنِي لِلْقِيَامِ بِهِ وَعَرَفَنِي حَقَّ رَسُولِكَ وَوَفِّقْنِي لِلْقِيَامِ بِهِ وَعَرَفَنِي حَقَّ مَنْ لَهُ عَلَيَّ حَقٌّ وَوَفَّقَنِي لِلْقِيَامِ بِهِ، وَأَعِنِي عَلَى آدَآءِ الْحُقُوقِ كُلِّهَا عَلَى الْوَجْهِ الَّذِي تُحِبُّهُ وَتَرْضَاهُ.

Allahumma 'arifnoy haqqoka wawafiqniy lilqiyaamo bihi wa 'arpfani haqqo rosulika wawafiqniu lil qiyaami bihi wa 'arofani haqoo man lahu 'alayya haqo wawaffaqoniy lil qiyaami bihi, wa a'iniy 'ala aadaaail huquuqi.kullaha 'alalnwajhil ladzi tuhibuhu wa tardhohu.

Ya Allah, beritahukan kepadaku hak-Mu dan berilah aku taufik untuk menunaikannya, beritahukan kepadaku hak Rasul-Mu dan berilah aku taufik untuk menunaikannya, beritahukan kepadaku hak-hak mereka yang berhak kepadaku dan berilah aku taufik untuk menunaikannya, dan tolonglah aku dalam menunaikan semua hak itu dengan cara yang Kau sukai dan ridhoi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement