Selasa 03 Jan 2023 18:57 WIB

Mengapa Allah SWT Menurunkan Surah Al Waqiah?

Al Waqiah merupakan salah satu dari nama-nama Hari Kiamat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Mengapa Allah SWT Menurunkan Surah Al Waqiah?
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Mengapa Allah SWT Menurunkan Surah Al Waqiah?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Al Waqiah memiliki arti peristiwa besar dan merupakan salah satu dari nama-nama Hari Kiamat. Namun mengapa Allah SWT menurunkan Surah Al Waqiah dan apa korelasi surah tersebut dengan Hari Kiamat?

Dalam kitab tafsir Al-Tahrir wa al-Tanwir karya Syekh Tahir bin 'Asyur dijelaskan tentang tujuan diturunkannya Surah Al Waqiah. Ada beberapa penjelasan di dalam kitab tersebut.

Baca Juga

Pertama, Al Waqiah adalah surah yang diturunkan untuk mengingatkan tentang adanya Hari Kiamat dan sadar bahwa itu pasti terjadi. Kedua, Al Waqiah diturunkan untuk menggambarkan tentang apa yang akan terjadi pada Hari Kiamat di dunia ini.

Ketiga, Surah Al Waqiah selain menggambarkan apa yang terjadi di dunia pada Hari Kiamat, juga untuk memberi gambaran tentang penduduk surga dan sejumlah kenikmatan yang mereka rasakan.

 

Keempat, Surah Al Waqiah diturunkan untuk menunjukkan tentang penghuni neraka dan ganjaran siksa di dalamnya kepada orang-orang yang menyangkal adanya Hari Kiamat. Sekaligus untuk membuktikan adanya Hari Kebangkitan dan Hari Pembalasan, serta tempat akhirat setelah dunia tiada.

Kelima, untuk membuktikan kekuasaan Allah subhaanahu wa ta'ala. Keenam, Surah Al Waqiah untuk memberitahukan bahwa Allah SWT mengeluarkan ruh dari tubuh manusia dan tidak ada yang bisa mencegahnya.

Ketujuh, Surah Al Waqiah juga untuk mengonfirmasi bahwa Alquran diturunkan Allah SWT, yang dengannya Allah melimpahkan nikmat kepada mereka, tetapi banyak yang tidak mensyukurinya dan bahkan mendustakan isi Alquran.

 

Link artikel asli

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement