Doa Malaikat Penyangga Arsy untuk Orang Beriman

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

 Rabu 23 Nov 2022 10:48 WIB

 Doa Malaikat Penyangga Arsy untuk Orang Beriman. Foto: Langit (Ilustrasi) Foto: Sciencealert Doa Malaikat Penyangga Arsy untuk Orang Beriman. Foto: Langit (Ilustrasi)

Wajib hukumnya bagi setiap Muslim untuk mempercayai adanya Arsy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wajib hukumnya bagi setiap Muslim untuk mempercayai adanya Arsy. Dalam Alquran, ada 21 kali penyebutan Arsy yang disandarkan kepada Allah SWT.

Dalam Alquran surat Al Mu'min (Al Ghaafir) ayat 7 dijelaskan bahwa ada para malaikat yang bertugas menyangga Arsy.

Baca Juga

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا…

(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan) ….

Pakar tafsir Alquran yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran, KH. Dr. Syahrullah Iskandar saat mengisi kajian kitab min Wahyil Quran karya Syekh Yasin Muhammad Yahya di Masjid Bayt Alquran beberapa waktu lalu mengatakan bahwa ada malaikat hamalatul Arsy (penyangga Arsy) dan ada malaikat yang berada di sekitar Arsy. Para malaikat itu selalu bertasbih mensucikan Allah dan memohon ampunan untuk orang beriman.

"Malaikat ini memohon ampunan untuk orang yang beriman yang bertaubat. Kalu kaum beriman dimohonkan ampunan oleh malaikat itu berarti derajat orang yang didoakan malaikat itu di atas rata-rata, jadi malaikat ketika orang tersebut betul betul mendekatkan diri kepada Allah maka malaikat yang mendoakannya," kata kiai Syahrullah dalam kajian kitab min Wahyil Quran karya Syekh Yasin Muhammad Yahya yang juga disiarkan melalui kanal resmi Bayt Alquran.

Kiai Syahrullah mengatakan para malaikat juga memohon agar kaum beriman dijauhkan dari siksa neraka. Malaikat hamalatul Arsy dan yang berada di sekeliling Arsy juga memohon agar orang beriman dimasukan ke surga.

Selain itu para malaikat juga memohon agar orang tua, istri, dan keturunan orang yang beriman mendapatkan kebaikan di akhirat. Para malaikat juga mendoakan kaum beriman  agar terjaga dari keburukan yaitu dari akidah yang rusak dan dari perbuatan buruk.

Kiai Syahrullah mengatakan para malaikat penyangga Arsy adalah para malaikat yang memiliki keutamaan dibanding malaikat lainnya. Bahkan dalam tafsir Ar Razi dijelaskan bahwa malaikat penyangga Arsy adalah malaikat yang paling utama. Sebab itu Allah memerintahkan para malaikat menyampaikan salam sebagai penghormatan kepada malaikat hamalatul Arsy.  

Kiai Syahrullah mengatakan jumlah malaikat penyangga Arsy sebanyak 8 malaikat. Ada keterangan yang menyebutkan bahwa  Allah SWT menciptakan Arsy dari permata hijau. Arsy memiliki tiang penyangga yang jaraknya ibarat burung yang sangat cepat perlu 80 ribu tahun untuk menempuhnya. Namun demikian menurut kiai Syahrullah keterangan tersebut sebatas simbolik untuk menggambarkan betapa luasnya Arsy dan Maha Agungnya kekuasaan Allah SWT.

Kiai Syahrullah mengatakan selain para malaikat penyangga Arsy ada juga malaikat yang mengitari Arsy. Terdapat keterangan yang menyebutkan bahwa ada sebanyak 70 ribu baris malaikat bertawaf mengelilingi Arsy dan bertahlil serta bertakbir. Di belakangnya terdapat lagi 70 ribu baris malaikat dan di belakangnya terdapat lagi 100 ribu baris malaikat yang bertasbih, tahlil, dan takbir. Mereka memohon ampun untuk orang yang beriman dengan doa sebagai berikut:

رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ

Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala (Alquran surat Al Mu'min (Al Ghaafir) ayat 7)

رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga 'Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, (Alquran surat Al Mu'min (Al Ghaafir) ayat 8)

وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ ۚ وَمَنْ تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ ۚ وَذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar". (Alquran surat Al Mu'min (Al Ghaafir) ayat 9)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini