Jumat 07 Oct 2022 01:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Bertakwa Semampunya

Perintah bertakwa semampunya adalah bentuk keringanan dan kasih sayang Allah.

Hadirin Sidang Jumat yang Berbahagia!

Perlu khatib ingatkan kembali bahwa takwa semampunya bukan berarti kita menyepelekan amal ibadah dan sesuka hati melanggar larangan-larangan-Nya. Takwa semampunya adalah taat kepada perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya; mengingat-Nya dan tidak melupakan-Nya. Takwa semampunya itu kita mencintai iman dan membenci kekufuran; bersyukur ketika diberi kenikmatan dan sabar ketika diberi cobaan.

Allah telah memberikan berbagai macam jalan ketaatan, seperti salat, puasa, dzikir, menyenangkan keluarga, berbuat baik kepada tetangga, dan sebagainya. Semua itu merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Sebab Dia tahu, manusia adalah makhluk yang mudah bosan dengan satu bentuk ketaatan.

Jangan sampai karena terlalu semangat dalam beribadah kita malah menyakiti diri sendiri dan melalaikan hak sesama manusia yang perlu dipenuhi. Sebaliknya, jangan sampai pula kita tergerak untuk beramal dan beribadah hanya karena takut pada siksa-Nya. Na’udzubillah!

Semoga kita senantiasa diberikan petunjuk kepada jalan kebenaran, keistikamahan dalam taat, dan dijauhkan dari segala macam dosa. Aamiin.

بَارَكَ اللَّهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلأَيَاتِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتُهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَقُلْ رَّبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/09/16/bertakwa-semampunya/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement