Jumat 02 Sep 2022 05:21 WIB

Tujuh Nama Allah yang Bisa Kita Sebut Saat Memanjatkan Doa

Allah memerintahkan manusia untuk merenungkan nama dan sifat-sifat-Nya.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Tujuh Nama Allah yang Bisa Kita Sebut Saat Memanjatkan Doa
Foto:

3. Al Wahaab - Sang Maha Memberi

Allah SWT adalah Maha Memberi, yang selalu memberikan hadiah. Akhir kata ini adalah hiba yang berarti pemberian. 

Karena Tuhan adalah Al-Wahab, artinya Dia tidak hanya memberikan hadiah sekali atau dua kali melainkan terus-menerus. Tuhan sangat murah hati sehingga kemurahan hati-Nya menjangkau semua hamba-Nya. 

Dia memberikan apa saja yang Dia kehendaki, kepada siapa saja yang dia kehendaki. Ini termasuk bimbingan Islam, rezeki, dan penyembuhan dari cedera dan penyakit.

Atau apakah mereka itu mempunyai perbendaharaan rahmat Tuhanmu Yang Maha Perkasa lagi Maha Pemberi? (QS nomor 38 ayat 9).

Al Wahaab memberi dengan cuma-cuma dan tanpa henti, tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Ketika kita berseru kepada Allah untuk memberi kepada kita, perlu diingat Dia menyukainya ketika kita mencoba untuk meniru atribut dan sifat yang tertanam dalam nama-Nya yang paling indah.

4. Al Jawad - Yang Maha Pemurah

Kemurahan hati Tuhan berlaku atas semua makhluk. Dia melimpahkan kepada mereka rahmat, kebaikan, dan berkah. 

Tidak ada makhluk yang luput dari nikmat-Nya walau sekejap mata. Dia juga memberikan berkah tertentu pada orang-orang beriman yang saleh.

Tuhan adalah Al-Jawad. Kedermawanan setiap orang yang dermawan diciptakan oleh-Nya namun kedermawanan mereka kurang dari satu atom beratnya dibandingkan dengan kedermawanan-Nya. 

Tidak ada Jawad yang mutlak kecuali Allah SWT dan kedermawanan setiap orang yang dermawan adalah dari kedermawanan-Nya (Ibn Al Qayyim). Al Jawad juga terkadang diterjemahkan sebagai murah hati. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement