Disunnahkan Membaca Surat-Surat Ini di Malam Jumat

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

 Kamis 28 Jul 2022 14:26 WIB

Disunnahkan Membaca Surat-Surat Ini di Malam Jumat. Foto:   Infografis Alasan Ada Surah yang Terputus dalam Alquran. Ilustrasi Alquran Foto: Republika.co.id Disunnahkan Membaca Surat-Surat Ini di Malam Jumat. Foto: Infografis Alasan Ada Surah yang Terputus dalam Alquran. Ilustrasi Alquran

Ada surat tertentu yang disunnahkan dibaca di malam Jumat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Banyak sekali adab-adab yang ditekankan agama terhadap umat Islam terhadap hari Jumat. Adab ini berpahala sunnah, salah satunya disunahkan membaca surah-surah Alquran tertentu di malam Jumat. 

Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah menjelaskan, disunahkan bagi umat Islam mendirikan shalat empat rakaat (shalat sunah mutlak) dan membaca Surah Al-An'am pada rakaat yang pertama. Adapun pada rakaat kedua disunahkan membaca Surah Al Kahfi, pada rakaat ketiga disunahkan membaca Surah Thaha, dan pada rakaat keempat diaunahkan membaca Surah Yasin. 

Baca Juga

Namun demikian apabila seorang Muslim tidak mampu membaca surah-surah tersebut, maka hendaklah gantikan dengan surah Yasin, Surah Ad Dukhan, Surah As Sajdah, dan Surah Al Mulk. Imam Al Ghazali berpesan, janganlah seorang Muslim meninggalkan membaca surah-surah tersebut pada malam Jumat sebab terdapat banyak kelebihannya.   

Adapun bagi siapapun umat Islam yang tidak mampu atau tidak sempat membaca surah-surah tersebut di malam Jumat, maka hendaknya dia mengantikannya dengan memperbanyak membaca Surah Al Ikhlas dan memperbanyakkan membaca shalawat. Dan apabila Imam telah keluar (naik ke atas mimbar) maka putuskanlah segala berdoa hendaknya memberi perhatianmu sepenuhnya untuk menjawab adzan dan setelah itu mendengarkan khutbah dengan penuh perhatian. Serta tinggalkan percakapan sama sekali untuk fokus mendengarkan imam shalat Jumat. 

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang bercakap dengan kawannya ketika khatib sedang membaca khutbah maka orang itu telah sia-sia. Dan barang siapa  yang melakukan hal sia-sia, maka ia tidak mendapat pahala Jumat,".  

 

 

  1.  
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini