Jumat 29 Jul 2022 03:35 WIB

Kapan Waktu Mustajab untuk Berdoa pada Hari Jumat? 

Jumat disebut sebagai sayyidul ayyam atau hari terbaik dalam satu pekan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah mendengarkan khutbah Jumat di Masjid Al-Munawwar, Jakarta, Jumat (16/4). Kapan Waktu Mustajab untuk Berdoa pada Hari Jumat? 
Foto:

2. Sejak imam duduk di mimbar untuk menyampaikan khutbah Jumat hingga selesai sholat 

Dalam sebuah riwayat, Nabi bersabda:

قَالَ عَبْدُاللَّهِ بنُ عُمرَ رضَيَ اللَّه عنْهُمَا: أَسَمِعْت أَبَاكَ يُحَدِّثُ عَن رَسُول اللَّهِ ﷺ في شَأْنِ ساعَةِ الجُمُعَةِ؟ قَالَ: قلتُ: نعمْ، سَمِعتُهُ يقُولُ: سمِعْتُ رسُولَ اللَّه ﷺ يَقُولُ: هِيَ مَا بيْنَ أَنْ يَجلِسَ الإِمامُ إِلى أَنْ تُقضَى الصَّلاةُ

Artinya: “Abdullah bin Umar bertanya padaku, ‘Apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadits dari Rasulullah SAW mengenai waktu mustajabnya doa di hari Jumat?' Abu Burdah menjawab, 'Iya betul, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan sholat Jumat'.” (HR Muslim dan Abu Dawud).

Dua waktu ini lebih cenderung menjadi waktu mustajab pada Jumat, karena hadits-hadits shahih yang menunjukkan hal itu. Selain Jumat, ada juga waktu termudah yang mustajab jika untuk berdoa, yakni saat sujud.

 

Karena Nabi SAW bersabda, “Sedekat mungkin seseorang dengan Tuhannya adalah ketika dia berada.  sujud, maka perbanyaklah do'a dalam sujud (sujud) (HR. Muslim).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement