Jumat 22 Jul 2022 09:00 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan adalah bagian dari gaya hidup sehat Nabi Muhammad SAW.

Warga membersihkan sampah di depan mural larangan buang sampah sembarangan di Serua, Depok, Jawa Barat, Jumat (4/3/2022). Mural dengan tema larangan buang sampah sembarangan tersebut diinisiasi oleh Komunitas Mural Art Serua sebagai media memberikan peringatan dan himbauan kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan di kawasan itu. Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Foto:

Kelima, fitrah manusia. Tahukah kita kebersihan itu adalah fitrah manusia, terlebih lagi seorang muslim. Merawat anggota tubuh semisal mencukur bulu kemaluan, membersihkan mulut, memotong kuku, mandi dan lainnya adalah fitrah manusia. Salah satu wujud dari fitrah yang harus dilakukan manusia dalam kesehariannya adalah mandi.

Terkait dengan kebersihan adalah bagian dari fitrah manusia, maka berikut ada riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dimana Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَنَتْفُ الْآبَاطِ

“Ada lima macam fitrah, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Keenam, menghindari laknat Allah. Apakah kita tahu jika wasilah kebersihan itu, maka Allah Ta’ala akan menghindarkan pelakunya dari laknat Allah? Tentu saja tidak satupun manusia ingin mendapatkan laknat dari Allah Tuhan semesta alam ini. Nah, salah satu cara untuk menghindari laknat Allah adalah dengan menjaga kebersihan.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Waspadalah dengan dua orang yang terkena laknat.” Mereka berkata, “Siapakah yang kena laknat tersebut?” Beliau menjawab, “Orang yang buang hajat di tempat orang lalu lalang atau di tempat mereka bernaung.” (HR. Muslim).

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement