Jumat 15 Jul 2022 05:59 WIB

Membaca Doa Masuk Masjid Bagian dari Adab

Umat Islam diingatkan untuk membaca doa sebelum masuk masjid.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
 Memnaca doa Masuk Masjid Bagian dari Adab. Foto:  Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Memnaca doa Masuk Masjid Bagian dari Adab. Foto: Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Seorang Muslim perlu memperhatikan etika dan adab saat hendak masuk ke dalam masjid. Selain ditekankan untuk mendahului kaki kanan saat masuk masjid, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca doa. 

Imam Al Ghazali dalam Kitab Bidayatul Hidayah menjelaskan, membaca doa masuk masjid merupakan bagian dari adab memasuki masjid. Dan ketika membaca doa, dahulukan kaki kanan terlebih dahulu. 

Baca Juga

Adapun doanya sebagai berikut, "Allahumma shalli ala Sayyidina Muhammad, wa ala ali Muhammadin wa shahbihu wa sallim. Allahummaghfirli dzunubuy waftahliy abwaaba rahmatik,". Yang artinya, "Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu dan salam sejahtera kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarga serta sahabat baginda. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah bagiku pintu rahmat-Mu,". 

Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa apabila seorang Muslim memasuki masjid maka janganlah dia duduk sebelum ia shalat dulu dua rakaat tahuyyatul masjid. Dan jika ia bukan dalam keadaan suci dari hadas kecil atau tak berniat mengerjakan tahiyyatul masjid, maka cukuplah baginya membaca al baqiyatus shalihat sebanyak tiga kali. 

Dan bila ia belum melakukan shalat sunnah subuh misalnya (qobliyah), maka pastikan sudah melakukan shalat tahiyyatul masjid. Dan apabila telah selesai, maka hendaknya ia berniat iktikaf di dalam masjid sambil berdoa sebagaimana doa yang diajarkan Rasulullah SAW. 

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement