Rabu 29 Jun 2022 16:19 WIB

Kecerdikan Nabi Sulaiman di Balik Islamnya Ratu Balqis dan Segenap Negeri Saba

Ratu Balqis dan rakyatnya di negeri Saba berislam mengikuti dakwah Nabi Sulaiman

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Ratu Balqis dan Negeri Saba. Ratu Balqis dan rakyatnya di negeri Saba berislam mengikuti dakwah Nabi Sulaiman
Foto:

Setibanya utusan itu di kerajaan Nabi Sulaiman, Nabi Sulaiman merespons utusan ratu Saba yang membawa hadiah itu dengan mengatakan bahwa anugerah Allah yang diberikan kepadanya lebih baik (lihat Alquran surat An Naml ayat 35-36). 

"Sebetulnya (hadiah ini) juga sebagai ujian dari ratu Saba pada Nabi Sulaiman. Apakah Nabi Sulaiman itu benar-benar nabi atau hanya seorang raja yang haus harta. Ternyata Nabi Sulaiman tak silau dengan harta hadiah ratu Saba. Karena karunia yang diberikan Allah padanya itu jauh lebih besar ketimbang manusia lainnya," kata Ustadz Syahrullah saat mengisi program mengaji kitab Min Wahyil Quran karya Syekh Yasin Muhammad Yahya di Masjid Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran beberapa hari lalu. 

Setelah itu Nabi Sulaiman mengumpulkan para pembesar di kerajaanya. Dan bertanya tentang siapa yang dapat memindahkan singgasana ratu Saba (lihat surat An Naml ayat 38). Lalu Ifrit yakni dari golongan jin yang paling tangguh menyatakan bisa memindahkan singgasana kerajaan Saba bahkan sebelum Nabi Sulaiman berdiri dari singgasana(lihat surat An Naml ayat 39). 

Tapi ada seseorang (tidak dijelaskan siapa namanya) yang memiliki ilmu dari Al Kitab juga menyanggupinya, bahkan dia sanggup memindahkan singgasana ratu Saba sebelum nMbi Sulaiman berkedip (lihat surat An Naml ayat 40). Maka orang tersebut mendatangkan singgasana ratu Saba. Setelah singgasana itu ada dihadapan Nabi Sulaiman, Nabi Sulaiman meminta untuk mengubah sedikit bentuknya.  

Sebab Nabi Sulaiman bermaksud menguji ketelitian ratu Saba yang akan datang. Lalu setibanya ratu Saba, maka Nabi Sulaiman menguji ketelitian ratu Saba dengan bertanya apakah singgasana di negeri saba seperti yang ada di hadapannya. Ratu Saba pun mengakui bahwa singgasana tersebut seperti singgasananya yang di negeri Saba.  

Nabi sulaiman kemudian meminta kepada ratu Saba memasuki singgasana tersebut. Ada riwayat yang menyatakan bahwa Nabi Sulaiman memerintahkan pasukannya membangun istana. Dari permata kaca seperti air putihnya. 

Baca juga: Amerika Serikat Angkat Bicara Kecam Penghinaan Nabi Muhammad SAW di India

Di bawah lantai kaca yang sangat jernih tersebut dapat terlihat air dan dan ikan-ikan. Ustadz Syahrullah menjelaskan yang dilakukan Nabi Sulaiman agar ratu Saba memiliki rasa hormat terhadapnya. Dan agar mengukuhkan bahwa nabi Sulaiman adalah seorang utusan Allah SWT.  

 

Ketika ratu Saba melihat lantai, dia mengira itu adalah air. Ratu Saba mengangkat pakaiannya sehingga tersingkap kakinya. Nabi Sulaiman pun menjelaskan bahwa itu adalah kaca yang melapisi. Setelah itu ratu Saba takjub dan beriman. "Ratu Balqis menunjukkan ketauhidan dan  mengakui kenabian Nabi Sulaiman," katanya.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement