3 Golongan yang Eksis di Setiap Zaman dan Sikap Umat Islam Menurut Alquran

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

 Rabu 25 May 2022 00:40 WIB

Umat Islam (ilustrasi).  Alquran memberikan panduan umat Islam hadapi tantangan zaman Foto:

Alquran memberikan panduan umat Islam hadapi tantangan zaman

Selain itu menjadi ummatan qaimatan yakni masyarat yang mempunyai ciri selalu membaca ayat-ayat Allah SWT dan bersujud pada tengah malam, beriman pada Allah SWT dan hari akhir, melakukan amar makruf nahi munkar, dan bersegera pada kebaikan. Serta menjadi ummatan muqtashid yaitu masyarakat bersahaja, proporsional dalam bertindak, dan tidak berlebihan. 

Lebih lanjut Prof Dadang juga menjelaskan tentang bagaimana agar Indonesia dapat selamat melalui zaman ini. Di antaranya yakni dengan menjadikan urusan beragama diputuskan secara musyawarah.

Memberikan kebebasan berasosiasi, mengakses informasi yang relevan dan untuk mengontrol, serta tidak ada diskriminasi hukum dan menjalankan tugas secara profesional dan menyerahkan pada ahlinya.  

Ada tiga kelompok yang mengisi setiap zaman. Ketiga kelompok tersebut sebagaimana disebutkan dalam Surat Fathir ayat 32: 

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا ۖ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ

“Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.” 

Prof Dadang  menjelaskan golongan dzalimun linafsih yaitu kelompok orang yang menganiaya dirinya sendiri, meninggalkan kewajiban dan banyak melakukan maksiat. 

Sementara ada kelompok Muqtashid yaitu kelompok orang yang hanya melakukan perbuatan wajib saja dan menghindarkan diri dari perbuatan maksiat. Mereka meninggalkan pekerjaan sunah dan melakukan perbuatan makruh.

Sementara kelompok ketiga yaitu Sabiqun bil khairat adalah kelompok orang-orang yang cepat melakukan perbuatan kebaikan, melaksanakan kewajiban dan berbagai kebaikan sunah dan meninggalkan segala yang haram.  

Baca juga: Amalan Sunnah yang akan Didoakan Puluhan Ribu Malaikat

Prof Dadang menjelaskan dalam sejumlah hadits Rasulullah SAW telah memberikan petunjuk bagaimana menghadapi zaman yang semakin dekat pada hari akhir. 

Yaitu dengan menjadi orang yang bertakwa di mana pun berada, melakukan kebaikan dan bergaul dengan setiap manusia dengan akhlak terpuji. Selain itu terus menjaga keimanannya dan istiqamah dalam melakukan amal. 

 

"Hidup kita sebentar, saya mengajak mari tetap menjaga Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang konsisten. Gerakan dakwah, gerakan tajdid dalam muamalah, gerakan amar makruf nahi munkar, gerakan sosial tetap memberikan kehidupan kepada kemanusiaan, gerakan ilmu," katanya.        

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id