Ada Empat Ciri-Ciri Orang yang Bertakwa

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko

 Kamis 19 May 2022 09:18 WIB

Takwa (ilustrasi). Foto:

Empat ciri ini dijelaskan Allah SWT dalam Alquran surah Ali-Imran ayat 134.

Tanda kedua orang yang bertakwa adalah tidak gampang emosi dan gampang marah. Kemarin saat bulan puasa kata, sifat ini menjadi candra di muka. "Ketika dia dicaci, dimaki dia ingat sedang berpuasa, maka tidak melayank cacian dan makian orang lain," katanya.

Ciri ketiga orang yang bertakwa adalah yang mudah memaafkan orang lain. Dia itu tidak gampang marah, tidak gampang dendam, karena sebagai manusia semua tidak ada yang punya salah kepada orang lain.

"Pasti kita punya salah. Dan orang yang kalau punya dosa sesama manusia itu lebih berat tanggung jawabnya dibanding di hadapan Allah," katanya.

KH Taufik mengatakan, dosa kepada Allah lebih mudah memohon ampun namun tidak demikian dengan dosa kepada manusia. Kalau dia tidak memberi Maaf maka akan diperhitungkan di akhirat.

Bahkan kata Nabi orang yang bangkrut di akhirat nanti, meski dia ajin puasa, pernah ibadah haji, sedekah. Akan tapi karena banyak berbuat salah, meski banyak pahala atas ibadah itu dibayarkan buat orang-orang yang pernah dizalimi.

"Habis amal ibadahnya mampir dulu ke neraka. Itulah orang yang bangkrut menurut nabi," katanya.

Maka dari itu kata dia penting sekali sesama orang Islam saling memaafkan atas dosa dan kesalahan yang pernah dilakukannya. Wabil khusus terhadap orang-orang yang pernah kita dzalimi.

"Tanda keempat orang yang bertakwa itu adalah selalu gemar melakukan kebaikan," katanya.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id