Sabtu 14 May 2022 04:46 WIB

Kehidupan Lebah Madu yang Digambarkan Alquran

Dalam Alquran, pada surah An-Nahl Ayat 68-69 digambarkan kehidupan lebah madu.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Lebah madu (Apis cerana) memproduksi madu disarangnya di Ujung Jaya, Pandeglang, Banten, Sabtu (29/1/2022). Hasil madu tersebut dijual dengan harga Rp120 ribu hingga Rp135 ribu per paket.
Foto:

Ayat ini menggambarkan perikehidupan lebah madu secara singkat namun akurat.

Pertama, buatlah sarang-sarang pada sebagian pegunungan dan sebagian pepohonan, dan pada sebagian tempat-tempat tinggi yang mereka buat.

Kelompok lebah diperkirakan terdiri sekitar 20 ribu jenis. Masing-masing jenis memiliki cara sendiri-sendiri dalam membuat sarangnya. Mereka menggunakan semua sarana, mulai dari gua-gua yang terletak di pegunungan, lubang-lubang pada pohon tua, atau membuat sarang sendiri dan menggantungnya pada cabang pohon.

Mengingat ayat ini ditujukan khusus untuk lebah madu, maka uraian tentang sarang lebah madu akan diuraikan secara lebih rinci. Sarang lebah madu atau lebah pada umumnya, merupakan tempat yang strategis dan sentral untuk seluruh kehidupan kelompok. Mulai dari tempat mengasuh anakan (larva) sampai dengan pusat informasi, semuanya ada di sarang.

Sarang lebah madu terdiri atas bilik-bilik yang berupa lubang-lubang segi enam (hexagonal) yang nyaris sempurna. Para ahli konstruksi mengakui bahwa bentuk segi enam adalah bentuk yang paling kuat, menghemat bahan dan ruangan. Bentuk tersebut juga mencegah serangga lain masuk di sela-sela bilik dan membuat sarang.

Kedua, kemudian makanlah dari setiap buah-buahan.

Sebagaimana diketahui, bahan utama yang dijadikan makanan lebah madu adalah nektar, suatu cairan manis yang terdapat pada bunga. Sedangkan jenis-jenis lebah lainnya ada juga yang memperoleh makanan dari sari buah-buahan.

Ketiga, tempuhlah jalan-jalan Tuhanmu dalam keadaan mudah.

Dalam proses pencarian lapangan bunga, beberapa lebah pekerja dikirim sebagai pemandu untuk mencari daerah yang potensial. Mereka dapat terbang sampai sejauh lima kilometer dan akan terus mencari sampai menemukan jumlah yang cukup untuk dipanen, kemudian disampaikan kepada lebah lainnya.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement