Selasa 26 Apr 2022 17:46 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Sabar dan Sholat

Inilah kunci menggapai bahagia dunia dan akhirat.

Naskah Khutbah Jumat: Sabar dan Sholat. Jamaah melaksanakan shalat di Masjid Babah Alun, Cilandak, Jakarta, Selasa (20/4). Masjid tersebut dibangun oleh Muhammad Jusuf Hamka yang merupakan mualaf keturunan Tionghoa. Bangunan bernuansa oriental tersebut merupakan hasil akulturasi dari tiga budaya yakni Tionghoa, Arab, dan Betawi, Arab dan Betawi. Hal ini terlihat dari ukiran dan ornamen yang bergaya mandarin ditambah dengan perpaduan warna merah, kuning dan hijau yang membuatnya sekilas tampak seperti kuil atau klenteng. Masjid tersebut menjadi alternatif tempat wisata religi di tengah bulan Ramadhan ini.  Republika/Thoudy Badai
Foto:

Ma’asyiral Muslimin, sidang jum’at Rahimakumullah,

Dua ayat di atas menjadi bukti konret bahwa sabar dan shalat adalah guidance utama seorang mukmin dalam menapaki kehidupan dunia ini.

Sabar sebagai bukti metafisik kita kepada Allah SWT bahwa, semua yang terjadi ini adalah ketetapan Allah dan kita sebagai hambanya hanya perlu bersabar menunggu ketetapan Allah yang selanjutnya, entah itu berupa kebaikan ataupun keburukan, karena sejatinya kita milik Allah dan hanya kepadaNya kita kembali.

Shalat adalah bukti Empirik kita kepada Allah SWT, bahwa apapun yang terjadi di dunia ini, baik itu kebahagiaan ataupun kesukaran, kita tidak pernah melupakan kewajiban kita untuk mengingat Allah SWT.

 

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement