Naskah Khutbah Jumat: Menjadi Hamba Penebar Kasih Sayang

Red: Ani Nursalikah

 Rabu 20 Apr 2022 20:31 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menjadi Hamba Penebar Kasih Sayang Foto:

Hendaknya kita sebagai manusia meniru untuk memiliki sifat rahman Allah.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah,

Kasih sayang adalah program pendidikan Tuhan untuk menjunjung perasaan, membersihkan akhlak, dan mengasah naluri kejiwaan. Kasih sayang adalah suatu kelembutan dan kehalusan perasaan yang ada dalam hati nurani manusia; suatu ketajaman perasaan yang mengarah pada perlakuan lemah lembut terhadap orang lain. Apabila seseorang mempunyai perasaan seperti ini, akan hadirlah ketenteraman, kedamaian, kesejukan, dan suasana kondusif lahir dan batin dalam lingkungannya.

Rasulullah Saw. diutus sebagai rahmah bagi seluruh alam. Sasaran risalah dan tujuan dakwah beliau untuk menyampaikan rahmah. Allah SWT menerangkan dalam surat Al-Anbiya’ ayat 107:

وَمَآ أَرۡسَلۡنَٰكَ إِلَّا رَحۡمَةٗ لِّلۡعَٰلَمِينَ ١٠٧

“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.”

Semoga kita mampu melihat lebih dalam dan merasakan serta meyakini, bahwa semua kebaikan yang datang pada kita hakikatnya adalah nikmat dari Allah SWT. Tanpa cahaya ar-Rahman, orang lain tidak akan mampu berbuat baik kepada kita. Begitu pula sebaliknya, tanpa cahaya ar-Rahman, kita tidak akan mampu mencintai dan berbuat baik kepada orang lain. Sungguh besar kebaikan-Nya kepada kita walaupun kita jarang melakukan kebaikan itu untuk-Nya.

أَقُوْلُ هَذَا القَوْلَ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ فَاسْتَغْفِرُوْهُ يَغْفِرْ لَكُمْ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَحِيْمُ

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id